FOLLOW US:


Tentang Salary Cap, Ini Penjelasan Operator Liga 1

30-03-2017 06:21
Tentang Salary Cap, Ini Penjelasan Operator Liga 1
Berlinton Siahaan dan Risa Adiwijaya © Fitri Apriani

Bola.net - Ketentuan terkait salary cap alias pembatasan gaji diberlakukan untuk kompetisi Liga 1 musim 2017. Musim ini, salary cap di kompetisi kasta tertinggi nominalnya mencapai Rp 15 miliar.

Sebelumnya, konsep salary cap baru digunakan saat turnamen Indonesia Soccer Championship (ISC) musim 2016. Konsep tersebut akan diterapkan pada kompetisi Liga 1 karena berkaitan langsung dengan konsep marquee player, yang baru musim ini diberlakukan.

Besaran salary cap tersebut akhirnya telah ditetapkan oleh PSSI selaku otoritas tertinggi sepakbola di Indonesia. Batasan gaji Liga 1 nanti akan lebih tinggi ketimbang yang diterapkan di ISC.

"Itu sebenarnya wewenang PSSI. Tapi tadi dibicarakan itu minimal Rp 5 miliar dan maksimum Rp 15 miliar. Berubah dari yang dulu saat di ISC Rp 10 miliar," ujar CEO PT Liga Indonesia Baru, Risa Adiwijaya di Gedung Makostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2017).

Selain itu, Risa juga membeberkan kapan bursa transfer pemain untuk Liga 1 dibuka. Klub-klub peserta nanti bisa mendatangkan pemain baru mulai bulan depan.

"Transfer pemain nanti kita buka dari tanggal 1 sampai tanggal 30 April. Kalau periode kedua tanggal 16 Juni sampai Agustus," pungkasnya.