FOLLOW US:


Tolak Playoff Lawan PSBK, Persewangi Tunggu Hasil Banding

09-10-2017 22:59
Tolak Playoff Lawan PSBK, Persewangi Tunggu Hasil Banding
Liga 2 © ist

Bola.net - Sengkarut playoff Liga 2 antara Persewangi Banyuwangi dan PSBK Kota Blitar belum usai. Manajer Persewangi Banyuwangi, Hari Wijaya, menegaskan bakal menunggu lebih dulu keputusan dari proses banding mereka.

Sebelumnya, PSSI melalui surat bernomor 2995/UDN/1783/X-2017, memutuskan bahwa PT LIB harus menggelar pertandingan playoff antara Persewangi dan PSBK Kota Blitar, sebelum dimulainya fase playoff Grup H. Pertandingan ini dijadwalkan bakal dihelat di Stadion Kanjuruhan, Selasa (10/10) besok.

Persewangi sendiri telah merespon surat ini dengan melakukan proses banding. Langkah ini dilakukan melalui surat bernomor 098/PERSEWANGI/X/2017.

"Saya rasa, pertandingan playoff tak perlu terjadi. Saya tak bersedia menjalankan pertandingan besok, sembari menunggu hasil banding. Pertandingan ini merupakan pelanggaran regulasi. Tak ada istilah pertandingan ulang di PSSI," ujar Hari Wijaya.

Menurut Hari, dalam regulasi tak dikenal adanya agregat dalam fase grup. PSBK dan Persewangi, sambungnya, saling mengalahkan. "Karenanya, yang dipakai adalah selisih gol. Selisih gol lebih baik, apalagi yang mau ditanyakan," tukasnya.

Sengkarut ini sendiri berawal dari protes PSBK melalui suratnya bernomor 1029/PSBK_PETA/IX/2017. PSBK merasa lebih layak lolos ke playoff mewakili Grup 6.

PSBK dan Persewangi sendiri sama-sama meraih poin 18. Dalam fase grup tersebut, kedua tim juga saling mengalahkan. Di Banyuwangi, Persewangi menang dengan skor 2-1. Sedangkan di Blitar, PSBK menang dengan skor 2-0.

Dari selisih gol, Persewangi memiliki selisih gol plus 1 (17-16). Sementara, PSBK memiliki selisih gol nol (25-25). PSBK merasa lebih layak lolos ke playoff. Pasalnya, dalam dua kali pertemuan dengan Persewangi, mereka mampu mencetak tiga gol dan hanya kebobolan dua kali.

Lebih lanjut, Hari menyesalkan sikap PSSI yang terkesan tak tanggap dengan masalah ini. Menurutnya, jika PSSI sigap, seharusnya masalah ini tak perlu berlarut-larut. "Tidak seperti saat ini. Kami tidak pernah diajak berdiskusi sama sekali. Ini pemaksaan kehendak," ucap Hari.

Sejauh ini belum diketahui kelanjutan maupun hasil proses banding Persewangi. Namun, dari informasi yang didapat Bola.net, pertandingan playoff ini akan tetap dihelat di Stadion Kanjuruhan Malang, Selasa (10/10) pukul 15.00 WIB. (den/asa)