Turnamen Pramusim Jadi Ujian Mental Skuad Muda Persebaya, Aji Santoso: Enggak Boleh Minder

Yaumil Azis | 31 Mei 2022 00:59
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso saat laga pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022 melawan Persija Jakarta di Stadion Manahan, Selasa (26/10/2021). (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - PT. Liga Indonesia Baru (LIB) akan memutar turnamen pramusim sebelum bergulirnya Liga 1 2022/2023. Rencananya kegiatan tersebut akan berlangsung sejak 11 Juni hingga 17 Juli 2022 mendatang.

Turnamen pramusim akan diikuti oleh 18 klub peserta Liga 1 musim depan. Salah satunya adalah Persebaya Surabaya yang memastikan ambil bagian dalam turnamen tersebut.

Bagi pelatih Persebaya, Aji Santoso, turnamen pramusim tersebut sangat bagus. Terutama untuk menguji mental skuadnya yang dihuni banyak pemain muda.

"Menurut saya justru ini keuntungan saya mencoba mental pemain sebelum menghadapi kompetisi," katanya usai memimpin latihan, Senin (30/05/2022).

"Kalau sudah ketemu dengan tim-tim bagus, mental mereka bagus, saya pikir bagus sekali untuk persiapan kompetisi," tegas mantan pelatih Arema FC tersebut.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters

1 dari 3 halaman

Jadi Tantangan

Sementara pada turnamen pramusim 2022 ini, Persebaya dipastikan berada di grup neraka. Green Force menghuni grup C bersama Bali United, Bhayangkara FC dan Persib Bandung yang menjadi tuan rumah.

Namun, juru taktik asal Kepanjen, Kabupaten Malang itu meminta pemainnya untuk tidak berkecil hati. Meskipun lawan yang dihadapi merupakan tim papan atas dengan skuad mentereng.

"Saya tekankan tadi pada seluruh pemain untuk siap di turnamen pra-musim ini, lawannya juga kita tahu tim-tim bagus," Aji menambahkan.

"Tapi saya sampaikan pada pemain justru itu menjadi tantangan, justru enggak boleh minder ketemu tim-tim yang bagus," terangnya.

2 dari 3 halaman

Minimal Lolos Fase Grup

Aji juga memasang target tinggi dalam mengarungi turnamen tersebut. Bahkan, sebisa mungkin Persebaya mampu menyingkirkan klub-klub itu untuk bisa lolos dari fase grup.

"Tetap kami akan berusaha semaksimal mungkin meskipun dengan pemain-pemain yang baru," lanjut mantan pelatih Timnas Indonesia itu.

"Saya tekankan kalau bisa lolos grup kenapa enggak, saya akan berusaha maksimal untuk bisa lolos grup minimal," pelatih terbaik BRI Liga 1 2021/22 itu menegaskan.

3 dari 3 halaman

Tunda Pemusatan Latihan

Sementara, dengan adanya turnamen pramusim, Persebaya dipastikan akan mengubah program tim. Klub kebanggaan Arek Suroboyo harus menunda rencana pemusatan latihan.

Menurut Aji, training center itu harus dilakukan setelah turnamen pramusim. Karena waktu yang dimiliki juga tidak terlalu banyak jika digelar sebelumnya.

"Kalau sebelum tidak memungkinkan waktunya karena tanggal 9 (Juni) kami sudah berangkat dan pemain asing juga belum lengkap," tandasnya.

(Bola.net/Mustopa Elabdy)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR