FOLLOW US:


Umuh Muchtar: Tewasnya Haringga Jadi Pelajaran Buat Persib

27-09-2018 14:26
Umuh Muchtar: Tewasnya Haringga Jadi Pelajaran Buat Persib
Umuh Muchtar © Fitri Apriani

Bola.net - Persib Bandung merasakan betul duka mendalam atas tewasnya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirila di area Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9/2018). Hal ini disampaikan manajer Persib, Umuh Muchtar.

Sosok yang sudah lama berada dalam jajaran manajemen Persib ini mengungkapkan, kejadian pengeroyokan yang dilakukan oknum suporter Persib, Bobotoh harus menjadi pelajaran. Tidak saja pelajaran yang penting, tetapi juga sejarah yang tidak boleh dilupakan.

Persib dikatakan Umuh tidak perlu banyak bicara, apalagi protes. Pasalnya, Persib menjadi subjek langsung atas perilaku yang ditunjukkan Bobotoh.

"Ya ini kan jadi pelajaran, apapun juga semua harus menerima. Kalau kami gak terima, terus kami ajukan protes, nanti itu semua tidak akan menyelesaikan masalah," ujar Umuh.

Oleh sebab itu saat kompetisi Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak sementara dihentikan, Umuh meminta agar semua pihak bisa introspeksi. Hal ini sangat penting agar kejadian serupa tidak terulang.

"Dua minggu ini harus ada introspeksi diri dari semua. Klub, pemimpin PSSI, BOPI, Kemenpora akan duduk bersama," kata pria berusia 70 tahun ini.

Lebih lanjut, Umuh mengatakan jangan sampai ada keputusan yang dipaksakan. Termasuk, terhadap Persib.

"Jadi bukan harus dipaksakan dihukum Persib. Tapi dirumuskan ke depan, jangan sampai terjadi seperti ini. Ini supaya adil saja. Setelah itu bersama-sama apa hukuman yang akan dikeluarkan. Saya sangat setuju, tidak ada masalah," imbuh pria kelahiran Bandung ini.