FOLLOW US:


Untuk Persoalan Ini, Indra Sjafri Sependapat dengan Shin Tae-yong

20-06-2020 21:36

 | Yaumil Azis

Untuk Persoalan Ini, Indra Sjafri Sependapat dengan Shin Tae-yong
Ekspresi kekecewaan Indra Sjafri setelah Timnas Indonesia U-22 dikalahkan oleh Vietnam dengan skor telak 0-3 di laga final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12/2019) malam WIB. © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri berbicara banyak hal mengenai Shin Tae-yong. Pembicaraan itu dilakukan di channel YouTube Hanif & Rendy Show.

Topik pertama yang dijawab Indra soal Shin Tae-yong adalah penilaian pelatih asal Korea Selatan itu, bahwa pemain Indonesia memiliki kekurangan besar pada aspek fisik dan mental.

Indra setuju dengan pendapat Shin Tae-yong tersebut. Ia bahkan menambahkan bahwa taktik individual pemain Indonesia juga masih lemah.

Semua pelatih lokal, termasuk Indra sudah tahu apa saja kelemahan pemain Indonesia. Namun, hal itu tak diumbar ke media.

"Karena kalau kita bilang ke media, ya sama saja menjelekkan diri sendiri. Tapi kalau Shin Tae-yong ya wajar saja. Ia bilang pemain Indonesia kurang ini dan itu. Tapi jangan lupa ia dikontrak memang untuk memperbaikinya," ujar Indra.

Kemudian pertanyaan lain soal Shin Tae-yong adalah apakah filosofi sepak bola yang dibawa mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu cocok atau tidak dengan pemain Indonesia. "Di sepak bola itu, cocok atau tidak cocok urusan nanti. Berhasil atau tidak berhasil, itu ukurannnya trofi," kata Indra..

"Enggak ada ukuran lain, enggak ada ukuran formasi. Mau pakai formasi 4-3-3, 4-4-2, atau 0-0-10 pun yang penting menang," tambahnya.

Dengan alasan itu, kata Indra, PSSI memberi kontrak Shin Tae-yong dengan durasi empat tahun. Harapannya, agar federasi sepak bola di Tanah Air itu bisa mengukur kinerja Shin Tae-yong secara adil.

"Jadi memang enggak bisa kita mengukur kualitas Shin Tae-yong yang baru bekerja paling satu bulan, karena setelah itu ada virus corona. Maka itu di kontrak ada evaluasi dan lain-lain. Tapi kami harus adil dalam menilainya," ucap Indra.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Kekuasaan Direktur Teknik

Lebih lanjut, Indra mengatakan bahwa kewenangan untuk mengevaluasi pelatih timnas itu ada di tangan dirtek federasi. Dalam hal ini PSSI, yang sekarang dijabat Indra.

"Ke depan direktur teknik yang merekomendasikan ini pelatih lanjut atau tidak. Enggak bisa lagi suporter berteriak-teriak terus dipecat. Enggak bisa, harus adil," tutur Indra.

"Nanti direktur teknik yang akan mengkaji, apa permasalahannya. Contoh misal dijanjikan Piala AFF juara, tapi tidak tercapai. Itu nanti dilihat Shin Tae-yong yang salah atau karena waktunya yang mepet, enggak cukup karena pengaruh pandemi," imbuhnya.

(Bola.net/Fitri Apriyani)