3 Faktor yang Tentukan Transfer Frenkie de Jong ke Man United

Richard Andreas | 22 Juni 2022 07:00
Frenkie de Jong di laga Real Mallorca vs Barcelona, La Liga 2021/22 (c) AP Photo

Bola.net - Spekulasi soal masa depan Frenkie de Jong belum juga menemui titik terang. Manchester United menunjukkan minat serius, tapi De Jong ingn bertahan di Barcelona.

Gosip transfer De Jong ini sudah dimulai sejak kedatangan Erik ten Hag ke Old Trafford. Ten Hag ditunjuk sebagai pelatih baru MU dan dipercaya mengusung proyek perkembangan skuad.

Kabarnya, Ten Hag memandang De Jong sebagai pemain krusial dalam proyek tersebut. Dia secara khusus meminta MU untuk mengupayakan transfer De Jong.

Menariknya, Barca membuka pintu penjualan De Jong demi mengatasi masalah finansial. Terlebih, diduga De Jong tidak benar-benar nyaman dengan gaya main Xavi.

Situasi De Jong ini cukup menarik dan harusnya akan segera tuntas. Paling tidak, ada 3 faktor yang berpengaruh dalam transfer De Jong, apa saja?

1 dari 3 halaman

1. Masalah finansial Barcelona

Kesulitan finansial jadi masalah utama Barcelona dalam dua-tiga tahun terakhir. Barca punya banyak utang yang ditinggalkan oleh kepemimpinan Josep Maria Bartomeu.

Baru-baru ini Barca bisa menggalang dana sekitar 600 juta euro, tapi itu pun hanya cukup untuk melunasi separuh total utang Barca. Jadi, Blaugrana masih perlu menjual pemain.

Nah, penjualan De Jong dianggap sebagai salah satu solusi terbaik. Barca memasang harga 85 juta euro untuk De Jong. Seharusnya, angka tersebut bisa dengan mudah ditebus MU.

2 dari 3 halaman

2. Hubungan De Jong dengan Ten Hag

Kabarnya, Ten Hag sudah bicara langsung dengan De Jong soal kepindahan ke MU. Teh Hag mencoba meyakinkan mantan anak asuhnya tersebut.

Beberapa tahun lalu, De Jong adalah salah satu pemain terbaik di bawah bimbingan Ten Hag di Ajax Amsterdam. Kini, Ten Hag ingin bereuni di Old Trafford.

Jelas bahwa keberadaan Ten Hag sebagai pelatih bisa jadi salah satu faktor penentu transfer De Jong musim panas ini.

3 dari 3 halaman

3. Prioritas MU di lini tengah

MU sudah cukup lama bermasalah di lini tengah dan tidak kunjung mengatasinya selama bertahun-tahun. Setan Merah membutuhkan gelandang tangguh untuk melindungi barisan bek.

De Jong dianggap bisa jadi solusi untuk masalah tersebut, bahkan bisa memberi lebih. Gelandang muda Belanda ini dianggap sebagai salah satu deep lying playmaker terbaik.

Permainan Terbaik De Jong muncul ketika dia dibolehkan menjemput bola dari belakang dan memulai inisiasi serangan dari lini tengah. Pemain seperti ini sangat cocok untuk MU.

Sumber: Express

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR