4 Pemain Baru dari MU, Begini Starting XI Newcastle Usai Bursa Transfer Januari 2022

Asad Arifin | 10 Oktober 2021 07:33
Anthony Martial dan Eric Bailly usai Manchester United kalah dari West Ham di Carabao Cup (c) AP Photo

Bola.net - Newcastle menjadi klub kaya baru di Premier League. Proses akuisisi oleh Public Investment Fund (PIF) telah mendapat persetujuan. The Magpies pun diprediksi akan langsung belanja besar pada Januari 2022 nanti.

"Kami berada di pasar untuk bersaing memperebutkan pemain kelas dunia, kami telah melakukannya sebelumnya," ucap Direktur Newcastle, Amanda Staveley pada The Mirror.

Ada banyak pemain bintang yang disebut jadi bidikan Newcastle. Beberapa media di Inggris menyebut empat pemain dari Manchester United masuk dalam target transfer pertama Newcastle pada era PIF.

Empat pemain tersebut adalah Jesse Lingard, Donny van de Beek, Anthony Martial dan Eric Bailly. Lantas, jika mereka bergabung, seperti apa perkiraan starting XI Newcastle? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 13 halaman

Kiper - Karl Darlow

Aksi kiper Newcastle, Karl Darlow, di laga kontra Liverpool (c) AP Photo

Newcastle punya tiga kiper yang bersaing untuk posisi utama: Martin Dubravka, Frederick Woodmann, dan Karl Darlow.

Darlow bisa menjadi pilihan utama, dan dua nama lain menjadi pelapis. Performa Darlow memang belum cukup konsisten. Tapi, kiper 31 tahun itu bisa menjadi andalan.

2 dari 13 halaman

Bek kanan - Javi Manquillo

Pemain Newcastle, Javier Manquillo (kanan) (c) AP Photo

Manquillo membela Newcastle sejak musim 2017/2018 lalu. Performanya memang belum cukup konsisten. Tapi, ketika berada dalam kondisi terbaiknya, pemain 27 tahun itu sangat bisa diandalkan.

Manquillo punya karakter yang cenderung agresif saat membantu serangan. Pemain asal Spanyol itu punya kemampuan duel yang bagus. Selain itu, dia juga punya kemampuan tekel akurat. Manquillo masih bisa diandalkan Newcastle.

3 dari 13 halaman

Bek tengah - James Tarkowski

James Tarkowski (c) AFP

Newcastle bisa membeli bek tengah dengan harga mahal. Tapi, untuk Januari 2021, membidik Tarkowski adalah pilihan yang rasional. Dia bisa menjadi solusi jangka pendek untuk memperbaiki lini belakang.

Tarkowski bermain sangat bagus bersama Burnley. Pemain berusia 28 tahun itu sangat kuat secara fisik dan duel udara. Tarkowski benar-benar bisa membantu The Magpies untuk setidaknya bersaing di papan tengah.

4 dari 13 halaman

Bek tengah - Eric Bailly

Eric Bailly mendapat cedera di laga semifinal Piala FA 2019/2020 usai terlibat insiden dengan Harry Maguire (c) AP Photo

Bailly hanya menjadi bek tengah pilihan keempat di Manchester United. Karena masih ada Phil Jones dan pemain muda Teden Mengi, United diprediksi tidak akan keberatan untuk melepas Bailly ke Newcastle.

Bersama Tarkowski, Bailly bisa menjadi solusi lini belakang Newcastle yang rapuh. Sebagai informasi, hingga pekan ke-7, Newcastle menjadi klub dengan jumlah kebobolan paling banyak di Premier League.

5 dari 13 halaman

Bek kiri - Matt Ritchie

Matt Ritchie (c) NUFC

Ritchie mungkin akan tergusur dari starting XI musim depan. Tapi, tidak untuk musim 2021/2022. Pemain 32 tahun sejauh ini tampil bagus dan menjadi andalan untuk posisi bek kiri.

Ritchie sudah membela Newcastle sejak klub terdegradasi pada 2016/2017 lalu. Awalnya, Ritchie adalah seorang gelandang yang produktif mencetak gol. Tapi, kini lebih sering bermain untuk posisi bek kiri.

6 dari 13 halaman

Gelandang - Sean Longstaff

Gelandang Newcastle United, Sean Longstaff. (c) NUFC

Pemain 23 tahun tampil memikat sejak musim 2019/2020. Longstaff menggusur peran seniornya, Jonjo Shelvey di lini tengah. Longstaff punya beberapa keunggulan dibanding Shelvey.

Longstaff mungkin tidak punya umpan jauh seakurat Sehlvey. Tapi, dia punya daya jelajah dan determinasi yang bagus. Peran gelandang bertahan mungkin akan jadi milik Longstaff.

7 dari 13 halaman

Gelandang - Joe Willock

Andalan Newcastle, Joe Willock ketika tampil melawan Southampton di pekan ketiga Liga Inggris 2021-2022. (c) AP Photo

Willock langsung menjadi pemain inti sejak dipinjam dari Arsenal pada Januari 2021 lalu. Willock kemudian dibeli secara permanen pada awal musim ini dengan harga 29,5 juta euro.

Pemain 22 tahun adalah elemen penting di lini tengah. Willock punya kemampuan menyerang yang bagus. Ketika tim dalam kondisi buntu, dia acap kali muncul sebagai alternatif pencetak gol maupun kreator serangan.

8 dari 13 halaman

Gelandang - Donny van de Beek

Aksi Donny van de Beek ketika membela Manchester United dalam laga putaran ketiga Carabao Cup hari Kamis (23/9/2021). (c) Manchester United FC

Van de Beek sudah tidak betah hanya duduk di bangku cadangan ketika United berlaga. Pemain asal Belanda itu ingin berada di lapangan. Dia ingin bermain dan Newcastle bisa menjadi solusi.

Pada awal musim 2021/2022, Newcastle jadi salah satu klub yang tertarik meminjam Van de Beek. Januari nanti, mungkin Newcastle tidak lagi membuat tawaran peminjaman, tapi pembelian.

9 dari 13 halaman

Winger kanan - Allain Saint-Maximin

Allan Saint-Maximin. (c) PA via AP Photo

Saint-Maximin adalah salah satu pemain terbaik Newcastle saat ini. Pemain 24 tahun itu punya kemampuan yang spesial dalam hal dribel dan duel satu lawan satu. Dia juga piawai mencetak gol.

Saint-Maximin diprediksi belum akan tersingkir dari starting XI walau The Magpies membeli sejumlah pemain baru pada Januari 2022. Saint-Maximin masih sangat penting untuk Newcastle.

10 dari 13 halaman

Winger kiri - Jesse Lingard

Winger Manchester United, Jesse Lingard (c) AP Photo

Lingard harus bermain secara reguler jika tidak ingin mengulang kegagalan tampil di Euro 2020. Piala Dunia 2022 di depan mata dan Lingard harus lebih sering bermain.

Seperti kisah manisnya bersama West Ham pada paruh kedua musim 2020/2021 lalu, Lingard bisa pindah ke Newcastle dan menemukan sentuhan terbaiknya. Dia bisa jadi pemain penting.

11 dari 13 halaman

Penyerang - Anthony Martial

Anthony Martial memeluk Bruno Fernandes usai mencetak gol ke gawang Everton pada pekan ke-7 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Martial kesulitan bersaing untuk satu tempat di lini depan United. Dia kalah bersaing dengan Edinson Cavani atau Ronaldo. Martial juga mendapat banyak kritik atas performa minor musim lalu.

Newcastle sejatinya punya Callum Wilson yang cukup tajam. Sementara Joelinton kesulitan mendapat performa terbaik. Martial bisa menjadi pilihan meyakinkan untuk mengisi lini depan Newcastle.

12 dari 13 halaman

Grafis

Perkiraan starting XI Newcastle United (c) BolaPerkiraan starting XI Newcastle United (c) Bola

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR