FOLLOW US:


4 Tuntutan Manchester United Supporters' Trust untuk Joel Glazer, Apa Itu?

04-05-2021 03:06

 | Yaumil Azis

4 Tuntutan Manchester United Supporters' Trust untuk Joel Glazer, Apa Itu?
Aksi protes fans Manchester United di Old Trafford © PA via AP Photo

Bola.net - Fans Setan Merah yang tergabung dalam Manchester United Supporters' Trust tidak ingin melakukan protes berlarut-larut. Oleh karenanya, ia melayangkan tuntutan yang harus segera dipenuhi oleh Joel Glazer selaku petinggi klub.

Pada Minggu (3/4/2021) malam WIB, fans Manchester United beramai-ramai mengunjungi Old Trafford untuk menggelar aksi protes. Aksi tersebut ditujukan kepada Keluarga Glazer yang merupakan pemilik sahih Manchester United.

Mereka melampiaskan kekesalannya terhadap Keluarga Glazer yang dirasa tidak becus dalam mengelola klub. European Super League hanya memantik amarah fans kepada para pengusaha asal Amerika Serikat tersebut.

Setelah berhasil 'mengepung' Old Trafford, fans Manchester United berbondong-bondong menerobos masuk ke dalam stadion. Aksi protes itu membuat laga Premier League kontra Liverpool yang seharusnya dilakoni MU jadi tertunda.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Pernyataan MUST

Aksi protes tersebut diketahui sampai melibatkan kekerasan. Pendukung Manchester United dilaporkan bentrok dengan pihak kepolisian setempat, hingga salah satu anggota pihak berwajib harus dilarikan ke rumah sakit.

Pasca aksi protes, fans yang tergabung dalam Manchester United Supporters' Trust (MUST) melayangkan empat tuntutan kepada Keluarga Glazer. Salah satunya adalah membentuk jajaran kepemilikan klub yang berpihak kepada fans.

"Tidak ada dari kami yang ingin melanjutkan ini. Kami semua punya hal yang lebih baik untuk dilakukan. Jadi kami harus mencari jalan untuk maju, dan kami punya empat poin rencana untuk dilakukan oleh anda," buka pernyataan dari MUST.

"Dengan sukarela dan terbuka terlibat serta mempromosikan tinjauan sepak bola yang dipimpin oleh penggemar, diprakarsai pemerintah dan menggunakan ini sebagai kesempatan untuk menyeimbangkan kembali struktur kepemilikan saat ini untuk berpihak kepada pendukung," lanjut pernyataan tersebut.

2 dari 2

Tuntutan Lainnya

Masih ada beberapa poin tuntutan dari MUST yang ditujukan kepada Keluarga Glazer. Salah satunya terkait posisi direktur klub yang masih belum jelas.

"Segera tunjuk direktur independen ke dewan yang tujuan utamanya adalah mementingkan klub sebagai klub sepak bola, bukan pemegang sahamnya."

"Bekerja sama dengan Manchester United Supporters' Trust dan para pendukungnya secara lebih luas untuk menerapkan skema saham yang dapat diakses oleh semua dan serta mereka yang memiliki hak suara sama dengan Keluarga Glazer."

"Jika fans memiliki selera, maka anda harus menyambut, dan tidak memberikan perlawanan. Kepemilikan saham Keluarga Glazer dikurangi menjadi mintoritas atau bahkan dijual seluruhnya."

"Berkomitmen untuk berkonsultasi penuh terhadap pemegang tiket musiman soal perubahan signifikan apapun bagi masa depan klub kami, termasuk kompetisi tempat kami bermain," tutup pernyataan tersebut.

(Goal International)