FOLLOW US:


5 Alasan Kenapa Jose Mourinho Tidak Cocok Melatih MU

23-12-2015 14:32

 | Jose Mourinho

5 Alasan Kenapa Jose Mourinho Tidak Cocok Melatih MU
Jose Mourinho © AFP
Bola.netBola.net - Karir Louis van Gaal sebagai manajer Manchester United sedang berada di ujung tanduk. Usai kekalahan kontra Norwich City pada akhir pekan lalu membuat semakin banyak fans yang menyerukan agar pelatih 64 tahun itu mundur dari kursi Manajer Setan Merah.

Akibat dari penolakan tersebut, banyak fans dan media menghubungkan beberapa nama manajer sebagai pengganti Louis van Gaal di Old Trafford. Salah satu nama yang paling dijagokan adalah nama mantan manajer Chelsea yang baru saja dipecat, Jose Mourinho. Bahkan pada pertandingan kontra Norwich City yang lalu, sekilas fans United menyanyikan nama Jose Mourinho di Old Trafford.

Meski tekanan untuk mengganti manajer cukup besar, namun manajemen United harus mempertimbangkan dengan baik untuk memanggil Mourinho sebagai Manajer United. Bolanet melihat setidaknya ada 5 alasan mengapa Mourinho tidak cocok untuk membesut Manchester United. Apa saja alasannya? Silahkan tekan tombol di bawah ini.

1 dari 5

Bukan Solusi Jangka Panjang

Bukan Solusi Jangka Panjang
Secara prestasi, kita tidak perlu meragukan kapasitas Mourinho sebagai seorang manajer top dunia. Ia sudah memenangkan banyak trofi di Liga Portugal, Serie A, La Liga bahkan di Premier League dalam 10 tahun terakhir. Akan tetapi, Mourinho belum teruji untuk menukangi klub dalam jangka waktu yang lama.

Sepanjang karirnya, Mourinho tidak pernah menangani klub lebih dari tiga tahun. Memang ia pasti memenangkan gelar dalam tiga tahun masa baktinya tersebut, akan tetapi ada tren penurunan di tahun ketiganya menjadi manajer sehingga ia tidak pernah lebih dari tiga tahun menangani suatu klub.

Track Record Mourinho ini kurang sesuai dengan keinginan United yang tengah mencari manajer jangka panjang seperti Role Model mereka, Sir Alex Ferguson.
2 dari 5

Skema Permainan Yang Membosankan

Skema Permainan Yang Membosankan
Salah satu alasan mengapa banyak fans United yang meminta Louis van Gaal dipecat karena setan merah menampilkan permainan yang tidak atraktif sama sekali. Jika itu menjadi alasan untuk memecat Van Gaal, alasan tersebut bisa menjadi adalasan yang sama untuk menolak Jose Mourinho.

Musim ini Chelsea menunjukan permainan yang jauh dari kata atraktif. Hal ini tercermin pada pencapaian mereka hingga pekan ke 16 yang hanya mampu memenangkan 3 dari 16 pertandingan yang ada. Jika United menginginkan permainan atraktif, mereka bisa memanggil Pep Guardiola yang kerap menampilkan sepakbola menghibur.
3 dari 5

Akademi United Terancam

Akademi United Terancam
Salah satu identitas Manchester United selama beberapa dekade belakangan ini adalah mempromosikan pemain muda mereka dari akademi. Tradisi ini terus dijalankan Manchester United sampai era Louis van Gaal saat ini.

Jika Manchester United menunjuk Louis van Gaal sebagai manajer mereka, maka kemungkinan besar tradisi baik itu akan berhenti. Sudah bukan rahasia lagi jika Mourinho jarang sekali mengorbitkan pemain asli akademi klub dan lebih suka membeli pemain 'Jadi'.

Hal ini terlihat di tiga klub terakhir yang ia latih. Selama membesut Inter Milan, Real Madrid dan Chelsea minim sekali pemain akademi mereka yang menembus tim utama saat Mourinho berkuasa.

Contoh nyata bisa kita lihat di Chelsea, dimana Ruben Loftus-Cheek menjadi satu-satunya pemain akademi Chelsea yang sukses menembus tim utama Chelsea, itupun ia jarang sekali mendapat kesempatan bermain.
4 dari 5

Sosok Yang Kontroversial

Sosok Yang Kontroversial
Nama Jose Mourinho tidak bisa dipisahkan dari kontroversi. Hal ini terlihat jelas dalam rekam jejaknya sebagai manajer baik di Inter Milan, Real Madrid maupun di Chelsea. Terakhir kali di Chelsea ia sempat mendapat hukuman dilarang masuk Stadion karena berseteru dengan wasit. Ia juga terlibat konflik dengan dokter klub, Eva Carneiro dan sejumlah kontroversi lainnya dalam musim ini.

Peringai buruk Mourinho tersebut menjadi salah satu alasan mengapa ia tidak masuk kriteria manajer United. Salah satu legenda klub, Sir Bobby Charlton pernah mengatakan bahwa Mourinho memang seorang manajer yang hebat, akan tetapi perangainya tidak cocok untuk menjadi Manajer United.
5 dari 5

Mourinho Tidak Sama Dengan Sir Alex

Mourinho Tidak Sama Dengan Sir Alex
Banyak pihak yang menilai bahwa Jose Mourinho merupakan suksesor yang ideal bagi kursi manajemen The Reds Devil karena ia dianggap memiliki sifat 'keras' yang sama dengan Sir Alex. Sir Alex selama menuykangi United tidak segan-segan mendepak para pemain bintangnya yang tidak sejalan dengan visinya. David Beckham menjadi contoh nyata bagaimana ketegasan Sir Alex.

Meski sama-sama memiliki sikap keras dan otoriter, Mourinho tidak bisa mengendalikan ruang gantinya seperti yang dilakukan Sir Alex. Hal ini terlihat pada saat ia melatih Madrid ia tidak bisa mengontrol Iker Casillas dkk sehingga terjadi perpecahan di kubu Madrid. Di Chelsea kejadian serupa terjadi dimana Mourinho mengaku bahwa ia 'dikhianati' oleh para pemainnya sendiri. Ini menandakan Mourinho tidak bisa mengontrol ruang gantinya, tidak seperti Sir Alex yang bisa tetap 'keras' namun sanggup mengontrol ruang gantinya.