5 Fakta Raphinha, Rekrutan Baru Chelsea yang Sempat Jadi Rebutan Arsenal dan Barcelona

Asad Arifin | 29 Juni 2022 11:29
Pemain Leeds United Raphinha. (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan Leeds United untuk mendatangkan Raphinha. The Blues disebut mengalahkan Arsenal dan Barcelona dalam perburuan winger 25 tahun tersebut.

Tim yang bermarkas di Stamford Bridge rela mengeluarkan sekitar 60 sampai 65 paun untuk memboyong winger asal Brasil itu. Pembicaraan tinggal dilakukan dengan Raphinha untuk membahas kontrak dan lain-lain.

Arsenal dan Barcelona sebenarnya lebih dulu menyatakan ketertarikannya dengan Raphinha dan terus membuka diskusi dengan Leeds. Akan tetapi, harga menjadi penghambat.

Lalu siapakah sebenarnya sosok Raphinha hingga menjadi rebutan klub raksasa di Eropa. Berikut 5 fakta tentangnya yang berhasil dirangkum Bola.net dari berbagai sumber.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Karier Raphinha

Raphinha (kiri) (c) AFP

Winger bernama lengkap Raphael Dias Belloli merupakan pemain kelahiran Porto Alegre, Brasil. Karier sepak bolanya dimulai bersama Avai FC, klub yang berbasis di Florianopolis, Santa Catarina.

Namun, pada tahun 2016, Raphinha hijrah ke Portugal dan membela Vitoria de Guimaraes. Dia langsung menjadi andalan klub tersebut selama dua musim hingga tahun 2018.

Dari Guimaraes, Raphinha kemudian pindah ke Sporting Lisbon. Akan tetapi, dia hanya setahun membela klub masa kecil Cristiano Ronaldo tersebut.

2 dari 5 halaman

Nyaris Bela Timnas Italia

Pemain Brasil Raphinha usai menjebol gawang Paraguay pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol di Stadion Mineirao, Rabu (2/2/2022) pagi WIB. (c) AP Photo

Raphinha merupakan pemain Timnas Brasil. Dia menjalani debut bersama Selecao pada 8 Oktober 2021 dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Venezuela.

Raphinha bahkan langsung menyumbang dua assist pada laga tersebut. Total, dia sudah tampil sebanyak 9 kali bersama Timnas Brasil termasuk dalam dua pertandingan persahabatan.

Namun, pada tahun 2020, Raphinha mendapat tawaran untuk membela Timnas Italia. Mengingat dia juga memilki paspor dari negara yang identik dengan Pizza tersebut.

3 dari 5 halaman

Punya Dua Gelar

Pemain Leeds United Raphinha. (c) AP Photo

Raphinha juga pernah merasakan gelar juara ketika berkarier di Portugal. Prestasi tersebut diraih bersama Sporting Lisbon pada musim 2018/2019.

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 2 gelar berhasil direngkuh bersama Leoes. Yakni juara Piala Portugal dan Piala Liga Portugal.

Bersama Sporting Lisbon, Raphinha tampil sebanyak 41 kali. Dia juga menyumbang 9 gol dan 5 assist pada musim 2018/2019 dan 2019/2020.

4 dari 5 halaman

Sempat Berkarier di Prancis

Raphinha (kanan) saat beraksi di laga Leeds United vs Leicester City di Elland Road, 7 November 2021. (c) PA via AP Photo

Setelah membela Sporting Lisbon dan meraih dua gelar, Raphinha kemudian berkarier di Prancis. Dia bergabung dengan Stade Rennais.

Akan tetapi, Raphinha hanya semusim membela kontestan Ligue 1 tersebut. Dia kemudian memilih hijrah ke Inggris dan bergabung dengan Leeds United.

Bersama Stade Rennais, pemain asal Brasil itu tampil 36 kali di semua ajang. Dia menyumbang 8 gol dan 7 assist.

5 dari 5 halaman

Nilai Pasar Menanjak

Pemain Leeds United, Daniel James dan Raphinha (c) AP Photo

Sejak bergabung dengan Leeds United, nilai pasar Raphinha terus meningkat. Per tanggal 15 Juni 2022, dia punya market value sebesar 45 juta euro.

Padahal, pada 13 Oktober 2020, angkanya masih di kisaran 18 juta euro. Artinya, nilai pasar eks pemain Sporting Lisbon tersebut meningkat lebih 25 juta euro dalam dua tahun terakhir.

Tak heran, Chelsea harus merogoh kocek cukup dalam untuk mendatangkannya. The Blues harus mengeluarkan dana sebesar 60 sampai 65 paun agar bisa memboyongnya dari Leeds United.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR