FOLLOW US:


5 Kandidat Potensial Pengganti Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United

15-10-2020 14:16

 | Asad Arifin

5 Kandidat Potensial Pengganti Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United
Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer © AP Photo

Bola.net - Ole Gunnar Solskjaer dilaporkan dalam posisi tidak aman sebagai manajer Manchester United. Hasil buruk di awal musim menjadi sebab utama posisinya rawan digeser dalam waktu dekat.

Solskjaer sejatinya memberi harapan bagus pada akhir musim 2019/2020 lalu. Setan Merah mampu tampil apik dan mengamankan posisi tiga klasemen akhir Premier League.

Akan tetapi, roda nasib berputar untuknya. Performa United menurun awal musim ini dengan dua kali kalah memalukan di Old Trafford, termasuk 1-6 dari Tottenham.

Beberapa sumber menyebut jika Solskjaer mulai kehilangan dukungan dari ruang gawang. Akan tetapi, kabar ini dibantah oleh Scott McTominay yang memastikan pemain ada di belakang Solskjaer.

Terlepas dari rumor yang berhembus, masa depan Solskjaer bisa benar-benar berada di ujung tanduk jika hasil di lapangan tidak membaik. Liga laga ke depan bakal menjadi sangat krusial bagi Setan Merah.

Lantas, siapa saja yang bisa masuk dalam kandidat pengganti Solskjaer di United? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5

5. Mauricio Pochettino

5. Mauricio Pochettino
Mauricio Pochettino © AP Photo

Pochettino harus diakui menjadi nama yang diidamkan penggemar Manchester United saat ini. Sebab, pria asal Argentina itu punya reputasi yang bagus di Inggris bersama Tottenham.

Pochettino juga membangun reputasi dengan sukses yang diraih bersama Espanyol dan Southampton. Walau belum ada gelar bergengsi yang diraih, Pochettino punya dinilai punya potensi besar.

Apalagi, dia dikenal piawai dalam mengorbitkan pemain muda. Philippe Coutinho dan Dele Alli menjadi contohnya.

Pochettino belum terikat kontrak dengan klub mana pun sejak diberhentikan Tottenham pada November 2019 lalu. Pria 48 tahun bisa menjadi pilihan jika United mencari pengganti Solskjaer.

2 dari 5

4. Massimiliano Allegri

4. Massimiliano Allegri
Massimiliano Allegri © AP Photo

Massimiliano Allegri mungkin gagal mencapai target utama Juventus, meraih gelar Liga Champions. Akan tetapi, dia memberikan banyak gelar bagi Si Nyonya Tua. Allegri membawa Juventus meraih lima gelar Serie A beruntun.

Allegri juga meninggalkan klub asal Turin dengan catatan fenomenal lain yakni rekor kemenangan mencapai 70.4 persen.

Pelatih 53 tahun belum terikat kontrak dengan klub mana pun sejak 2019 lalu. Allegri diyakini siap menerima tantangan baru. Pria yang juga pernah membawa AC Milan scudetto itu bisa menjadi opsi yang bagus untuk Manchester United.

3 dari 5

3. Ralf Rangnick

3. Ralf Rangnick
Ralf Rangnick © AFP

Ralf Rangnick adalah sosok yang penting di sepak bola Jerman pada dekade ini. Sebab, dia berada di balik munculnya Hoffenheim dan RB Leipzig di persaingan papan atas Bundesliga.

Ralf Rangnick hampir bergabung dengan AC Milan pada awal musim 2020/2021 ini. Akan tetapi, capaian apik Rossoneri bersama Stefano Pioli membuat klub lebih memilih mempertahankannya daripada menunjuk Ralf Rangnick.

Ralf Rangnick, selain pandai meracik taktik, juga punya jaringan kuat di kalangan pemandu bakat. Faktor ini bisa menutupi kelemahan United dalam beberapa musim terakhir yang tidak punya direktur sepak bola.

4 dari 5

2. Julian Nagelsmann

2. Julian Nagelsmann
Julian Nagelsmann © DFL

Julian Nagelsmann bisa menjadi opsi yang menari bagi United. Pada usia 33 tahun, dia menjadi salah satu manajer dengan potensi yang menjanjikan. Bukan hanya di Jerman, tetapi di Eropa.

Musim lalu, Nagelsmann membawa RB Leipzig melaju hingga babak semifinal Liga Champions. Capaian yang sangat epik bagi klub yang baru didirikan pada 2009.

Nagelsmann bisa memberikan banyak hal-hal baru di United. Akan tetapi, Nagelsmann belum punya pengalaman bersaing untuk gelar juara secara konsisten. Selain itu, dia juga punya kontrak jangka panjang dengan RB Leipzig.

5 dari 5

1. Ryan Giggs

Ryan Giggs tidak diragukan lagi menjadi kandidat utama. Ryan Giggs sudah tahu karakter klub, di dalam dan luar lapangan. Ryan Giggs pernah mengabdi di Old Trafford selama 24 tahun.

Pada 2014 lalu, Ryan Giggs sempat menjadi manajer interim di United. Dia kemudian juga menjadi asisten pada era Louis van Gaal. Ryan Giggs kemudian mundur saat Jose Mourinho datang.

Ryan Giggs kini sudah cukup matang sebagai manajer. Timnas Wales telah menempa kemampuan Ryan Giggs dengan baik. Mark Hughes, mantan pemain United, menilai Ryan Giggs adalah sosok yang paling tepat untuk menjadi manajer baru United.

Sumber: Sportskeeda