FOLLOW US:


5 Pelajaran dari Kemenangan Chelsea atas Atletico Madrid: Taktik Simeone Basi, Tuchel Jitu!

24-02-2021 08:20

 | Richard Andreas

5 Pelajaran dari Kemenangan Chelsea atas Atletico Madrid: Taktik Simeone Basi, Tuchel Jitu!
Thomas Tuchel. © Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Chelsea meraih kemenangan penting ketika menyambangi Atletico Madrid pada duel leg pertama 16 besar Liga Champions 2020/21, Rabu (24/2/2021). Hasil ini sangat memuaskan bagi Thomas Tuchel.

Atletico adalah salah satu lawan paling alot di Eropa, tim mana pun yang menghadapi pasukan Diego Simeone pasti kesulitan.

Meski begitu, kali ini Chelsea bisa bermain sangat baik dengan taktik yang tepat sasaran. Mereka mengurung Atletico, tidak membiarkan serangan balik, plus menjaga pertahanan tetap tangguh.

Tuchel patut dipuji atas pilihan taktiknya, Olivier Giroud pun pantas mendapatkan pujian untuk gol saltonya. Unggul 1-0 sudah bagus bagi Chelsea untuk leg kedua nanti.

Kemenangan The Blues kali ini pun menyisakan 5 catatan menarik bagi kedua tim. Apa saja? Scroll ke bawah yuk, Bolaneters!

1 dari 5

Tuchel bikin Chelsea jadi tembok kukuh

Entah apa yang dilakukan Tuchel, yang jelas Chelsea jadi lebih tangguh sejak kedatangannya. The Blues baru dua kali kebobolan dari delapan pertandingan bersama Tuchel sejauh ini.

Kali ini mereka meraih clean sheet atas tim tangguh sekelas Atletico Madrid. Tuchel berulang kali mengatakan torehan ini penting demi lolos ke leg kedua nanti.

Opta mencatat torehan dua kebobolan dari delapan laga pertama Tuchel ini hanya kalah dari Jose Mourinho (1), termasuk istimewa.

2 dari 5

Giroud doyan cetak gol penting

Olivier Giroud mencetak satu-satunya gol yang jadi pembeda di pertandingan ini. Giroud sekali lagi membuktikan bahwa dia belum habis.

Kali ini Giroud mencetak gol salto untuk menaklukkan Jan Oblak, terbilang istimewa untuk pemain 34 tahun. Ini pun bukan pertama kalinya Giroud jadi pencetak gol Chelsea di Eropa.

Menurut Opta, Giroud terbukti bisa mencetak 15 gol dari 16 kesempatan jadi starter di panggung Eropa. Artinya meski sering dicadangkan kualitas Giroud masih belum luntur.

3 dari 5

Clean sheet lagi untuk Mendy

Ketangguhan pertahanan Chelsea terbukti dari clean sheet yang diraiuh Edouard Mendy sekali lagi. Dia masih jadi kiper utama Chelsea di era Tuchel.

Menurut Opta, saat ini Mendy adalah kiper dengan clean sheets terbanyak di Liga Champions. Dengan 5 clean sheets, Mendy terbukti bisa jadi pilar tangguh Chelsea.

Performa apik ini bakal membantu Mendy mempertahankan tempatnya di tim utama di tengah persaingan dengan Kepa Arrizabalaga.

4 dari 5

Taktik Simeone basi

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone. (c) AP Photo
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone. (c) AP Photo

Simeone tetaplah Simeone. Atletico Madrid punya banyak pemain top dan bisa saja bermain menyerang, tapi lagi-lagi Simeone memilih taktik defensif.

Melihat gaya main Atletico tadi, sepertinya Simeone hanya mengincar hasil imbang 0-0. Nahasnya mereka kebobolan satu lewat aksi gemilang Giroud.

Simeone pun mengakui timnya kurang maksimal. Menurutnya Atletico mengontrol pertandingan, hanya koneksi antara pemain buruk.

"Mungkin kami perlu mengontrol bola lebih baik, kami akan memperbaiki itu," kata Simeone.

5 dari 5

Taktik Tuchel jitu

Thomas Tuchel. (c) Pool Getty via AP Photo
Thomas Tuchel. (c) Pool Getty via AP Photo

Berbanding terbalik dengan Simeone, Tuchel memilih taktik yang tepat sasaran di laga ini. Chelsea menerapkan garis pertahanan tinggi dan menekan Atletico di wilayah mereka sendiri.

Hasilnya memuaskan. Skuad Chelsea sangat disiplin menutup ruang-ruang kosong, alhasil Atletico tidak bisa melancarkan serangan balik.

"Kami tidak membiarkan mereka bernafas ataupun keluar untuk melakukan serangan balik. Kami mendapatkan hadiah besar dengan hasil ini," ujar Tuchel.

"Sungguh, membuka pertahanan Atletico adalah tantangan yang sangat berat," tandasnya.

Sumber: Bola