FOLLOW US:


5 Pembelian Termahal Jose Mourinho, Siapa Saja Selain Paul Pogba?

30-03-2020 10:44

 | Aga Deta

5 Pembelian Termahal Jose Mourinho, Siapa Saja Selain Paul Pogba?
Manajer Tottenham Jose Mourinho. © AP Photo

Bola.net - Jose Mourinho adalah salah seorang pelatih terbaik di dunia saat ini. Ia pernah menukangi klub-klub besar dunia seperti FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, Manchester United, dan sekarang, Tottenham Hotspur.

Mourinho termasuk pelatih dengan garansi trofi. Selalu ada piala yang berhasil dipersembahkan pelatih asal Portugal tersebut.

Salah satu prestasi terbaik Mourinho adalah meraih treble winners bersama Inter Milan. Hal itu terjadi pada musim 2009-2010.

Sebagai pelatih Mourinho juga dikenal sebagai sosok yang kerap membeli pemain-pemain berkualitas. Bahkan, beberapa pemain tersebut dibeli dengan harga yang cukup mahal.

Siapa saja pemain termahal yang pernah dibeli oleh Jose Mourinho? Berikut ini lima di antaranya seperti dilansir Transfermarkt.

1 dari 5

Andriy Shevchenko

Andriy Shevchenko menjadi pemain termahal yang dibeli Mourinho sewaktu melatih Chelsea. Bomber Ukraina itu dibeli dari AC Milan seharga 43,88 juta euro pada 2006.

Meski begitu, Shevchenko gagal menunjukkan penampilan terbaiknya selama di bawah asuhan Mourinho. Bahkan, Shevchenko mendapat julukan sebagai pembelian terburuk Chelsea.

Shevchenko gagal beradaptasi dengan sepak bola Inggris. Selama memperkuat Chelsea, Shevchenko hanya mencetak sembilan gol dari 57 pertandingan Premier League.

2 dari 5

Nemanja Matic

Matic merupakan salah satu pemain andalan Jose Mourinho ketika di Chelsea. Karena itu, tidak mengherankan kalau Mourinho ingin membawanya saat menukangi Manchester United.

Gelandang asal Serbia itu akhirnya datang ke Old Trafford pada tahun 2017. Matic ditebus dengan biaya yang mencapai 44,7 juta euro.

Matic merupakan salah satu pemain senior di skuad Setan Merah. Dia sekarang menjadi salah satu pemain penting di lini tengah asuhan Ole Gunnar Solskjaer.

3 dari 5

Fred

Fred mampu menampilkan performa yang cukup mengesankan bersama Shakhtar Donetsk. Hal itu membuat Manchester United kepincut untuk merekrutnya.

Pemain asal Brasil itu merapat ke Old Trafford pada musim panas 2018. Fred dibeli dengan biaya yang mencapai 59 juta euro.

Fred membutuhkan waktu beradaptasi dengan sepak bola Inggris. Namun, penampilan sang pemain kini sudah meningkat di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer.

4 dari 5

Romelu Lukaku

Selama menjadi manajer Manchester United, Mourinho juga membeli penyerang mahal. Pemain yang dimaksud adalah Romelu Lukaku.

Lukaku diboyong dari Everton pada musim panas 2017. Pemain Belgia itu memakan biaya transfer hingga 84,7 juta euro.

Sayangnya, karier Lukaku di Old Trafford tidak berlangsung lama. Pemain berusia 26 tahun tersebut saat ini bermain di Italia bersama Inter Milan.

5 dari 5

Paul Pogba

Paul Pogba
Paul Pogba ketima membela Manchester United di laga uji coba pramusim di Australia melawan Pert Glory. © Twitter Manchester United

Kedatangan Paul Pogba ke Manchester United cukup menghebohkan. Sebab, kepindahan sang pemain mampu memecahkan rekor transfer dunia.

Pogba kembali ke Old Trafford pada musim panas 2016. Setan Merah rela membayar 105 juta euro kepada Juventus untuk mendapatkan tanda tangan Pogba.

Pogba berhasil mempersembahkan tiga gelar untuk Manchester United. Gelandang Prancis itu membantu The Red Devils meraih trofi Community Shield, Piala Liga Inggris, dan Liga Europa 2016-2017.

Sumber: Transfermarkt