6 Pemain yang Pernah Tolak Tawaran Menggiurkan Chelsea, Salah Satunya Lionel Messi

Aga Deta | 15 Agustus 2022 08:10
Pemain PSG, Lionel Messi (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea menjadi klub yang kaya raya di era Roman Abramovich. Taipan asal Rusia ini tidak ragu menggelontorkan banyak uang demi mendatangkan bintang-bintang terbaik dari penjuru dunia.

Bahkan Abramovich pernah mengeluarkan 140 Juta poundsterling untuk belanja pemain Chelsea pada 2003. Tujuannya cuma satu, yakni demi Chelsea menguasai Inggris bahkan Eropa.

The Blues akhirnya meraih 21 trofi selama era Abramovich hingga berakhir pada awal 2022. Gaji besar yang Abramovich tawarkan membuat para pemain bintang ini akhirnya mau berlabuh.

Namun ada sejumlah bintang sepak bola yang enggan bergabung ke Chelsea. Iming-iming gaji besar yang The Blues tawarkan tidak mempan kepada para pemain ini.

Berikut enam pemain bintang yang menolak tawaran gaji besar di Chelsea saat era Abramovich. Ada sejumlah alasan yang membuat mereka enggan pindah ke London.

1 dari 6 halaman

1. Lionel Messi

Aksi bintang PSG, Lionel Messi dalam laga melawan Clermont Foot, Minggu (7/8/2022) (c) PSG

Lionel Messi akhirnya meninggalkan Barcelona musim panas 2021. Tujuh tahun sebelumnya, Abramovich mencoba mencapai kesepakatan dengan raksasa Catalan untuk membawa superstar Argentina itu ke London.

Messi berada di puncak karier ketika bos Chelsea mencoba membujuknya pindah ke Stamford Bridge. Namun, tawaran dana mega besar 225 juta poundsterling yang sudah disiapkan Abramovich siapkan tidak membuat Messi tergoda.

Abramovich memang berhasil membuat Chelsea meraih dua gelar Liga Champions selama 19 tahun masa jabatannya. Tetapi kegagalannya membawa Messi menjadi sejarah tersendiri baginya.

2 dari 6 halaman

2. Roberto Carlos

Roberto Carlos (c) Real Madrid

Superstar Brasil Roberto Carlos adalah satu dari sejumlah nama pemain Real Madrid yang hampir bergabung ke Chelsea. Sayang keputusannya untuk meninggalkan Real Madrid ke Chelsea pada 2007 terganjal aturan hukum.

"Saya punya dua proposal, Fenerbahce dan Chelsea. Chelsea tidak berhasil jadi saya menandatangani kontrak dengan Fenerbahce," ujar Roberto Carlos.

"Baru seminggu sebelum saya menandatangani kontrak dengan Fenerbahce dan saya ke Paris untuk bertemu Roman Abramovich dan Peter Kenyon. Sayangnya, di saat-saat terakhir sesuatu tidak berhasil sebelum menyelesaikan," sambungnya.

3 dari 6 halaman

3. Wayne Rooney

Wayne Rooney (c) AFP

Chelsea adalah salah satu dari sejumlah klub yang tertarik mendatangkan Wayne Rooney pada 2010. Striker timnas Inggris ini ingin meninggalkan Manchester United.

Rooney mengajukan permintaan transfer ke petinggi MU. Tidak mengherankan, The Blues tertarik merekrutnya ketika ada kesempatan.

Meskipun ada tawaran dari Abramovich dan Real Madrid, Rooney akhirnya dibujuk untuk menandatangani kesepakatan perpanjangan kontrak baru di Old Trafford.

4 dari 6 halaman

4. Luka Modric

Gelandang Real Madrid Luka Modric berupaya merebut bola dari penguasaan gelandang Eintrach Frankfurt Djibril Sow pada pertandingan Piala Super Eropa 2022, Kamis (11/8) dini hari WIB. (c) AP Photo

Ini adalah aturan tidak tertulis; Chelsea dan Tottenham tidak melakukan bisnis bersama. Hubungan pahit itu berasal dari serangkaian transfer yang gagal, termasuk pengejaran Chelsea terhadap Luka Modric pada 2011.

Modric telah berkembang menjadi salah satu playmaker utama kelas atas dunia. Namun, Abramovich tidak bisa membujuk Daniel Levy melepas pemain bintangnya.

Konduktor Kroasia itu akhirnya bertahan di White Hart Lane selama satu tahun lagi hingga hijrah ke Real Madrid. Namun riak perselisihan transfer antara kedua rival London itu masih terasa hingga hari ini.

5 dari 6 halaman

5. Steven Gerrard

Steven Gerrard (c) AFP

Mungkin transfer gagal yang paling terkenal dari era Abramovich saat gagal membawa Steven Gerrard. Kapten Liverpool ini merupakan buruan utama bos Chelsea.

Abramovich menawarkan kepada Gerrard dengan iming-iming gelar juara Liga Inggris. Namun, Gerrard tidak pernah berpikir meninggalkan Liverpool dan hengkang ke Chelsea.

Gelandang Inggris itu memutuskan tetap bersama Liverpool daripada mengejar mimpinya meraih gelar domestik di tempat lain. Buntutnya Gerrard belum pernah menggenggam gelar Liga Inggris.

6 dari 6 halaman

6. Neymar

Penyerang PSG Neymar beraksi pada laga melawan Nantes dalam pertandingan Piala Super Prancis 2022. (c) AP Photo

Abramovich dilaporkan mencoba memboyong Neymar dua kali. Bos Chelsea itu menggodanya saat dia akhirnya memutuskan memperpanjang masa tinggalnya di Barcelona.

Setelah itu, Chelsea kembali menggoda sang bintang Brasil. Tetapi The Blues kalah dari PSG dalam perlombaan mengejar sang pemain pada 2017.

Sumber: Daily Star
Disadur dari: Bola.com/Penulis Suharno/Editor Yus Mei Sawitri
Published: 12/8/2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR