6 Peraih Gelar Terbanyak Piala FA, Chelsea dan Liverpool Nomor Berapa?

Asad Arifin | 14 Mei 2022 09:10
Piala FA 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Babak Final Piala FA musim 2021/2022 mempertemukan Chelsea vs Liverpool. Kedua kesebelasan bakal berduel di Stadion Wembley, Sabtu (14/05/2022) pukul 22.45 WIB malam WIB, live streaming di Vidio.

Laga ini akan menjadi kesempatan bagi kedua tim untuk menambah koleksi gelarnya. Terutama bagi Chelsea yang dalam dua musim terakhir selalu gagal di final Piala FA.

Sejauh ini, Liverpool mengoleksi tujuh trofi Piala FA di lemarinya dan Chelsea punya satu trofi lebih banyak. Namun, mereka kalah jauh dari Arsenal dan Manchester United.

Ya, Arsenal dan Manchester United masih menjadi tim tersukses di Piala FA. Keduanya sudah mengoleksi masing-masing 14 dan 12 gelar dalam turnamen tertua di Inggris itu.

Lantas, Chelsea dan Liverpool berada di posisi berapa dalam daftar peraih gelar terbanyak Piala FA? Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 6 halaman

Aston Villa

Aston Villa (c) AP Photo

Di posisi keenam adalah Aston Villa. Klub yang bermarkas di Villa Park tersebut meraih tujuh gelar Piala FA.

Aston Villa juga berhasil menembus partai final sebanyak 14 kali. Karena itu, The Villa juga menjadi runner-up sebanyak tujuh kali.

Gelar terakhir Aston Villa diraih pada 1956/1957. Kala itu, mereka berhasil mengalahkan Manchester United dengan skor 2-1.

2 dari 6 halaman

Liverpool

Selebrasi Fabinho dan skuad Liverpool di markas Villarreal, Rabu (4/5/2022) (c) AP Photo

Liverpool punya catatan yang identik dengan Aston Villa dalam raihan gelar Piala FA. The Reds mengoleksi tujuh trofi dan tujuh kali menjadi runner-up.

Bedanya, Liverpool meraih gelar terakhirnya dalam dua dekade terakhir. Yakni pada musim 2005/2006.

Liverpool keluar sebagai juara setelah mengalahkan West Ham United lewat drama adu penalti. The Reds menang 3-1 dalam adu tos-tosan.

3 dari 6 halaman

Tottenham Hotspur

Skuad Tottenham merayakan gol dalam laga versus Arsenal, Jumat (13/5/2022) (c) AP Photo

Tottenham Hotspur menempati posisi keempat dalam daftar ini. The Lilywhites berhasil merengkuh delapan gelar Piala FA sejak musim 1900/1901.

Tottenham termasuk tim yang rasio kesuksesannya cukup tinggi ketika tampil di final Piala FA. Sebab, dia hanya gagal sekali dari sembilan penampilannya di partai puncak.

Tottenham terakhir kali meraih gelar Piala FA pada musim 1990/1991. Artinya, The Lilywhites sudah tidak pernah juara dalam tiga dekade terakhir.

4 dari 6 halaman

Chelsea

Skuat Chelsea merayakan gol Romelu Lukaku ke gawang Wolverhampton, Sabtu (7/5/2022) (c) AP Photo

Sama seperti Tottenham Hotspur, Chelsea meraih delapan gelar Piala FA. Bedanya, The Blues tampil di final sebanyak 14 kali.

Klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut enam kali menjadi runner-up. Termasuk dalam dua musim terakhir setelah dikalahkan Arsenal dan Leicester City.

Chelsea terakhir kali meraih gelar juara Piala FA pada musim 2017/2018. Kala itu, The Blues mengalahkan Manchester United 1-0.

5 dari 6 halaman

Manchester United

Dua bintang Manchester United, Juan Mata dan Cristiano Ronaldo (c) AP Photo

Manchester United menempati posisi kedua dalam daftar peraih gelar terbanyak Piala FA. Setan Merah berhasil mengumpulkan selusin trofi.

Namun, Manchester United cukup lama tidak memenangi gelar tersebut. Terakhir kali, Setan Merah juara pada musim 2015/2016.

Kala itu, Manchester United mengalahkan Crystal Palace dengan skor 2-1 di final. Dua musim selanjutnya, Setan Merah masuk final, tapi kalah dari Chelsea.

6 dari 6 halaman

Arsenal

Skuad Arsenal merayakan gol Eddie Nketiah ke gawang Leeds United, Minggu (8/5/2022) (c) AP Photo

Arsenal masih menjadi tim tersukses dalam sejarah Piala FA. The Gunners mengumpulkan 14 trofi dalam sejarah turnamen paling tua di Inggris tersebut.

Arsenal juga berhasil menembus final Piala FA sebanyak 21 kali. Namun, mereka gagal menjadi juara dalam 7 kali kesempatan lainnya.

Arsenal meraih gelar juara pertama kali pada 1929/1930. Sementara gelar terakhirnya diraih pada musim 2019/2020 usai mengalahkan Chelsea di final.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR