FOLLOW US:


Analisis: Tali Kekang Henderson Sudah Terlepas, Liverpool Kian Ganas

15-04-2019 14:00

 | Jordan Henderson

Analisis: Tali Kekang Henderson Sudah Terlepas, Liverpool Kian Ganas
Jordan Henderson Rayakan Golnya Ke Gawang Southampton © AFP

Bola.net - Jordan Henderson telah berkembang jadi salah satu pemain terpenting Liverpool dalam beberapa pekan terakhir. Kapten Liverpool ini menjelma jadi salah satu kepingan penting di lini serang The Reds, dia lebih banyak terlibat dalam urusan mencetak gol.

Terakhir, Henderson membuat assist impresif untuk gol Sadio Mane di kemenangan Liverpool atas Chelsea (2-0). Gol ini membuktikan dampak positif Henderson sejak terlepas dari kekangnya.

Ya, dalam beberapa laga terakhir, Henderson tidak lagi bermain sebagai gelandang jangkar no.6. Dia dibebaskan bergerak maju dalam peran gelandang no.8, mirip dengan peran Frank Lampard saat masih membela Chelsea beberapa tahun silam.

Hal ini ternyata berperan penting pada perkembangan Liverpool untuk mencetak gol. Baca analisis selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Terlepas dari Tali Kekang

Liverpool sebenarnya sudah lama mencari jawaban soal masalah gelandang serang mereka, tapi ternyata selama ini jawaban itu tepat berada di bawah hidung mereka sendiri.

Berkat kehadiran Fabinho yang nyaman sebagai gelandang jangkar, Henderson mulai dibebaskan bermain lebih ke depan untuk membantu para penyerang. Hasilnya? Liverpool jadi punya banyak cara berbeda untuk mencetak gol.

"Untuk bermain sebagai gelandang jangkar, anda harus sangat berdisiplin dan pada banyak ksempatan anda tertarik mendatangi bola tetapi tidak boleh melakukanya karena jika formasi pecah, ada ruang kosong yang bisa dimanfaatkan lawan," kata Graeme Souness, analis Sky Sports.

"Sekarang dia sudah terlepas dari tali kekang itu, dan dia tampil lebih baik. Dengan Fabinho di posisi terbaiknya, dia gembira tidak perlu terlibat lagi. Jordan Ingin mendapatkan bola, terlibat dalam penyerangan."

2 dari 2

Energi Baru

Perubahan ini mungkin hal kecil bagi Jurgen Klopp, hanya sedikit sentuhan dalam taktiknya. Namun, dampaknya begitu besar. Liverpool seakan-akan mendapatkan energi baru untuk berusaha membuat langkah demi langkah menuju akhir musim nanti.

"Saya kira, jika harus jujur, Jordan Henderson memang ingin bermain di peran itu karena tampaknya Fabinho sudah mengunci posisi tersebut [gelandang jangkar]," Jamie Carragher turut menambahkan.

"Dia merasa bahwa dia bisa memberikan sesuatu yang berbeda untuk tim. Tampaknya dia sudah berbicara dengan pelatih soal hal ini."

"Dia selalu memiliki energi yang hebat dan saya kira itulah kemampuan dia yang sebenarnya dengan gol yang kita lihat hari ini [gol Sadio Mane vs Chelsea]," tandas dia.