FOLLOW US:


Apa yang Membuat Jurgen Klopp Begitu Spesial?

09-04-2020 02:45

 | Ari Prayoga

Apa yang Membuat Jurgen Klopp Begitu Spesial?
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp © AP Photo

Bola.net - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp diklaim menjadi sosok spesial karena dia selalu berusaha membumi meski telah menjadi seorang pelatih top dunia.

Hal tersebut dikatakan oleh eks anak asuh Klopp di Borussia Dortmund, Nuri Sahin. Keduanya mempersembahkan dua gelar Bundesliga dan Piala Super Jerman serta satu trofi DFB Pokal.

Kala itu, Sahin menjadi andalan Klopp di lini tengah Dortmund. Karier Sahin kemudian menurun sejak ia memilih untuk menerima pinangan Real Madrid.

1 dari 2

Pengakuan Nuri Sahin

Meski sudah lama berlalu, akan tetapi hingga kini Sahin belum bisa melupakan betapa spesialnya sosok Klopp di mata dirinya.

"Yang paling spesial dari Klopp adalah dia sangat normal. Saya rasa pasti sangat sulit untuk tetap membumi ketika Anda adalah dia," ujar Sahin dalam podcast Kicker dan DAZN.

"Saya bersama dia saat Dortmund mengalami krisis dan dia tak pernah lupa bagaimana caranya menjadi manusia, itulah kekuatan terbesarnya. Tentu saja, dia juga seorang pelatih yang berkualitas!" tambahnya.

2 dari 2

Kehebatan Taktik Klopp

Lebih lanjut, Sahin mengaku sangat terkesan dengan taktik yang dijalankan Klopp di tim asuhannya, termasuk Liverpool saat ini.

"Campuran [dari dominasi permainan dan counter-pressing] penting karena Anda tak membiarkan lawan lama-lama menguasai bola. Liverpool mungkin tim terbaik yang memainkannya saat ini," tutur Sahin.

"Di awal era Klopp di sana, yang ada hanya counter-pressing, tapi mereka berkembang. Apa yang dilakukan Barcelona pada 2008, 2009, itu patokan semuanya. Mereka punya keduanya, baik penguasaan bola dan counter-pressing," tukasnya.

Sumber: Kicker X DAZN