FOLLOW US:


Arsenal Diklaim Masih Klub Terbesar di London Meski Chelsea Baru Juara Liga Champions

31-05-2021 20:18

 | Dimas Ardi Prasetya

Arsenal Diklaim Masih Klub Terbesar di London Meski Chelsea Baru Juara Liga Champions
Chelsea juara Liga Champions musim 2020/2021 © AP Photo

Bola.net - Eks gelandang Tottenham Jamie O'Hara mengklaim Arsenal masih merupakan klub terbesar di London meski Chelsea baru saja menjadi juara Liga Champions.

Chelsea berhasil mengalahkan Manchester City di final Liga Champions 2020-21 kemarin. Bagi The Blues, itu adalah gelar keduanya di kompetisi tersebut.

Secara keseluruan, itu adalah gelar ke-17 yang diraih oleh Chelsea sejak klub itu diakuisisi oleh Roman Abramovich pada tahun 2003 silam. Lima gelar di antaranya adalah gelar Premier League.

Di sisi lain, Arsenal sendiri sejak saat itu cuma berhasil jadi juara liga sekali saja yakni pada tahun 2004. The Gunners juga tak pernah bisa memenangi trofi Liga Champions.

1 dari 2

Chelsea Terbesar di London

Raihan Chelsea ini pun dipuji oleh Trevor Sinclair. Eks pemain The Blues itu pun berani mengklaim bahwa tim milik Roman Abramovich itu layak dianggap sebagai klub nomor satu di antara semua klub London lainnya.

"Apa yang mereka capai selama sepuluh tahun terakhir sangat luar biasa, saya pikir stadion membutuhkan perbaikan tetapi Cobham luar biasa sebagai fasilitas pelatihan, Anda melihat skuad bermain dan apa yang telah mereka capai selama sepuluh tahun terakhir," kata Sinclair talkSPORT.

"Anda harus melihat mereka sebagai klub top di London. Saya pikir jalan Tottenham masih panjang, mereka punya stadion terbaik, jelas, tapi jalan mereka masih panjang untuk menyamai Chelsea," klaimnya.

"Dan Arsenal jelas merupakan klub sepak bola yang besar, tetapi mereka tidak melakukannya di lapangan, dan kecuali mereka mulai berinvestasi pada staf bermain mereka, mereka tidak akan menjadi No. 1 di London. Ada banyak klub besar. di London, tapi saya merasa Chelsea memimpin," tegasnya.

2 dari 2

Arsenal Lebih Besar Ketimbang Chelsea

Akan tetapi klaim Trevor Sinclair itu dibantah oleh eks gelandang Tottenham, Jamie O'Hara. Ia mengklaim bahwa Arsenal lebih layak disebut sebagai yang terbaik di London karena mereka lebih superior dalam jangka waktu yang lama ketimbang Chelsea.

"Saya adalah penggemar Spurs, tetapi Anda tidak dapat melepaskan diri dari kenyataan bahwa Arsenal adalah klub terbesar di London. Jika Anda mengikuti sejarah, kesuksesan nyata atas klub sepak bola, basis penggemar, dan segala sesuatu yang datang dengan klub sepak bola," tuturnya.

"Chelsea adalah klub paling sukses di London saat ini, kami tahu itu, mereka punya pemilik miliarder dan mereka klub paling sukses," imbuh Jamie.

"Anda bisa menggolongkannya sebagai argumen bodoh karena mereka berdua klub sepak bola besar, tapi pada akhirnya jika Anda bertanya siapa yang lebih besar, siapa klub terbesar di London, itu Arsenal! Mereka telah memenangkan sebagian besar trofi, mereka adalah klub paling sukses," klaimnya.

Arsenal sendiri pernah juara liga Inggris sebanyak 13 kali, FA Cup 14 kali, EFL Cup dua kali, dan Community Shield 16 kali. Di Liga Champions, The Gunners pernah jadi runner-up sekali pada musim 2005-06.

(talkSPORT)