FOLLOW US:


Arteta Positif Corona, Skuad Dikarantina, Bagaimana Nasib Arsenal Musim Ini?

13-03-2020 14:00

 | Richard Andreas

Arteta Positif Corona, Skuad Dikarantina, Bagaimana Nasib Arsenal Musim Ini?
Mikel Arteta bersama skuad Arsenal usai kemenangan 3-2 atas Everton di Premier League 2019/20. © AP Photo

Bola.net - Musim Arsenal dibayangi keraguan besar setelah seluruh tim utama harus mengarantina diri sendiri menyusul tes positif sang pelatih, Mikel Arteta, terkait virus corona alias Covid-19. The Gunners menghadapi ancaman serius.

Jumat (13/3/2020) pagi WIB, Arsenal mengumumkan bahwa Arteta positif Covid-19. Mereka mengaku akan sangat kesulitan memenuhi jadwal pertandingan yang sudah mengantre.

Duel kontra Brighton akhir pekan ini pun dipastikan ditunda, juga ada potensi penundaan beberapa pertandingan ke depan. Singkatnya, musim Arsenal bakal kacau karena jadwal pertandingan yang menumpuk.

Bagaimana laju Arsenal di sisa musim ini?

1 dari 3

Isolasi Skuad

Mengutip Goal internasional, masalah Arsenal dimulai ketika menjamu Olympiakos di Emirates Stadium beberapa waktu lalu. Saat itu, pemilik Olympiakos, Evangelos Marinakis, terbukti positif Covid-19.

Kabar ini jelas membuat Arsenal waspada, duel kontra Manchester City langsung ditunda. Saat itu kondisinya masih cukup baik, Arsenal dinilai hanya perlu melewatkan satu laga saja karena masa karantina yang segera berakhir.

Sayangnya, situasi memburuk hari ini. Arteta terbukti positif, semua pemain Arsenal harus mengisolasi diri sampai 14 hari ke depan. Awalnya mereka siap bermain untuk duel akhir pekan ini, terpaksa ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

2 dari 3

Tidak Adil

Masa isolasi skuad Arsenal diperkirakan bakal diperpanjang sampai 24 Maret mendatang, waktu yang cukup lama. Semua pemain tim utama pun harus mau mengisolasi diri sendiri, tanpa pengecualian.

Jika segalanya berjalan lancar, Arsenal akan menjamu Norwich, 4 April lalu menyambangi Wolves pada 13 April 2020. Dua laga ini dinilai bisa dimainkan, dengan syarat pemain Arsenal sudah pulih dan wabah virus corona sudah mereda.

Kendati demikian, muncul pertanyaan besar tentang kualitas pertandingan tersebut. Rasanya tidak adil bagi satu tim yang sudah mengisolasi diri selama 14 hari untuk melawan tim yang diyakini bisa berlatih normal.

Kabarnya, banyak klub meyakini musim ini tidak akan bisa dilanjutkan. Premier League harus mengambil tindakan tegas tanpa merugikan siapa pun.

3 dari 3

Keputusan Premier League

Bagaimanapun, sekarang penikmat sepak bola dunia sedang menunggu keputusan Premier League usai menggelar rapat darurat, Jumat (13/3/2020) sore WIB nanti.

Premier League diduga bakal ngotot menggelar pertandingan, sesuai dengan sikap Inggris yang cenderung santai menghadapi ancaman Covid-19.

Biar begitu, langkah terbaik adalah meniru keputusan Serie A dan La Liga yang langsung menghentikan pertandingan sementara dengan opsi penghentian lebih lama.

Sumber: Goal