FOLLOW US:


Bagaimana MU Mencetak Ronaldo Hingga jadi Pemain Terbaik?

22-05-2019 14:56
Bagaimana MU Mencetak Ronaldo Hingga jadi Pemain Terbaik?
Critiano Ronaldo semasa membela Manchester United. © IST

Bola.net - Cristiano Ronaldo mengawali karir di Benfica. Dia sudah menunjukkan bakat besarnya. Namun, harus diakui bahwa Manchester United lah yang mencetak Ronaldo hingga kemudian menjadi pemain terbaik dunia.

Semua berawal pada tahun 2003 silam, saat Ronaldo dibeli oleh Manchester United dari Benfica. United terpikat dengan aksi Ronaldo usai sebuah laga uji coba. Dengan aksi individunya, Ronaldo membuat lini belakang United kocar-kacir.

Ronaldo bergabung dengan United pada saat usianya baru 18 tahun. Pada awal karirnya, Ronaldo bermain di posisi sayap. Dia punya kemampuan yang baik dalam hal olah bola dan kecepatan saat menerobos pertahanan lawan.

Simak kisah selengkapnya bagaimana MU mencetak Ronaldo jadi pemain terbaik di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2

Harus Punya Target Jelas

Menurut Rene Meulensteen, eks asisten pelatih Manchester United, semua berawal dari kartu yang diterima Ronaldo pada laga keduanya bersama United pada musim 2003/04. Ronaldo mendapat kartu merah di laga melawan Aston Vila dan harus absen bermain dalam tiga pertandingan.

"Itu yang memberi saya peluang sempurna untuk mengerjakan beberapa hal dengan Ronaldo," buka Rene Meulensteen pada The Coaches Voice.

"Saya percaya bahwa dia adalah salah satu penyerang terbaik di usia yang sangat muda, Tapi, dia tidak cukup produktif saat itu. Kami ingin dia mencetak gol lebih banyak dan dia juga inginkan hal yang sama," imbuhnya.

Rene Meulensteen bukan hanya memberi latihan ekstra untuk Ronaldo agar skill olah bolanya terasah. Tapi, dia juga memberikan kesadaran mental bagi pemain asal Portugal untuk menekankan kerja keras dan memiliki target dalam karir sepak bolanya.

"Tujuan saya adalah membawanya dari tahap menyadari menuju ke memahami. Dia harus mengetahui posisi dia berada dan target yang ingin dicapai. Itu tentang beberapa hal di luar lapangan," tandas Rene Meulensteen.

2 dari 2

Pribadi yang Terbuka

Rene Meulensteen menyebut Ronaldo bukan tipe pribadi yang anti kritik. Pemain yang kemudian bermain untuk Real Madrid dan Juventus tersebut sangat terbuka dengan saran dan kritik. Tentu jika itu adalah masukan yang positif.

"Kami bicara soal target yang ingin dicapai. Saya menjelaskan padanya bahwa orang yang punya target dan menyusun strategi dengan untuk menggapainya akan lebih sukses dari orang yang bilang 'saya ingin ke situ' dan hanya berharap yang terbaik."

"Ronaldo selalu menerima apa pun yang dia rasa bisa membawanya lebih dekat dengan apa target yang diinginkan," tutup Rene Meulensteen.

Ronaldo pindah dari United pada musim 2008/09 menuju Real Madrid. Sebelum pindah, dia memberikan gelar juara Liga Champions pada Setan Merah. Ronaldo juga sukses menyabet satu gelar Ballon d'Or dengan seragam United.