Bagaimana Performa Manchester United 2021-2022: Kemunduran Besar

Aga Deta | 24 Mei 2022 13:34
Selebrasi skuad Manchester United (c) AP Photo

Bola.net - Musim 2021-2022 mungkin menjadi musim yang ingin segera dilupakan Manchester United. Sebab, performa Setan Merah benar-benar jauh dari ekspektasi.

Manchester United mengakhiri musim lalu dengan prestasi yang sangat bagus. Mereka menjadi runner up Premier League dan juga menjadi finalis Liga Europa.

Karena itu, banyak yang mengharapkan Setan Merah bisa meraih hasil lebih baik pada musim ini. Namun, kenyataan yang terjadi di lapangan sangat berbeda.

Meski diperkuat banyak pemain bintang, termasuk Cristiano Ronaldo, Manchester United tak mampu meraih satu pun trofi. Alhasil, Setan Merah memperpanjang puasa gelarnya menjadi lima musim.

Pergantian pelatih ternyata tidak mampu mengubah nasib Manchester United. Ralf Rangnick yang ditunjuk sebagai pengganti Ole Gunnar Solskjaer gagal mendongkrak performa MU.

1 dari 5 halaman

Sukes atau Tidak?

Para pemain Manchester United seusai dikalahkan Crystal Palace, Minggu (22/5/2022) (c) AP Photo

Jika dibandingkan musim lalu, performa Manchester United pada musim ini mengalami kemunduran besar. MU tidak mampu finis di posisi empat besar di Premier League.

Boro-boro lolos ke Liga Champions, MU nyaris terlempar ke kompetisi kasta ketiga Eropa, UEFA Conference League. Untungnya, mereka bisa finis di posisi keenam sehingga mendapat tiket ke Liga Europa.

Di Liga Champions, Manchester United hanya mentok di babak 16 besar setelah didepak Atletico Madrid. Ini masih lebih baik dari musim sebelumnya yang gagal lolos dari fase grup.

Di Carabao Cup, Setan Merah tersingkir pada babak ketiga saat berhadapan dengan West Ham. Padahal, mereka mampu menembus semifinal pada musim lalu.

Manchester United berhasil melaju ke perempat final FA Cup musim lalu. Musim ini, Bruno Fernandes dan kolega cuma bertahan sampai babak keempat setelah disingkirkan Middlebrough via adu penalti.

2 dari 5 halaman

Pemain Terbaik: Cristiano Ronaldo

Selebrasi Cristiano Ronaldo usai mencetak gol ke gawang Norwich City, Sabtu (16/4/2022) (c) AP Photo

Di awal musim, Manchester United menyambut kembali Cristiano Ronaldo. Bintang asal Portugal tersebut pulang ke Old Trafford setelah ditebus dari Juventus.

Meski usianya sudah tidak muda lagi, Ronaldo masih mampu menunjukkan performa yang cukup bagus. Dia mencetak gol-gol penting dan kerap menjadi penyelamat timnya.

Dari 39 penampilan di semua kompetisi, Ronaldo mampu mencetak 24 gol. Penyerang berusia 37 tahun tersebut juga menyumbang tiga assist untuk timnya.

3 dari 5 halaman

Pemain Terburuk: Harry Maguire

Kapten Manchester United Harry Maguire. (c) AP Photo

Nama Harry Maguire menjadi sosok yang paling mendapat kritikan tajam di Manchester United pada musim ini. Hal itu tentu saja berkaitan dengan performanya pada musim ini.

Maguire menjalani musim yang menyedihkan. Bek timnas Inggris tersebut kerap membuat blunder sehingga Manchester United meraih hasil yang buruk di lapangan.

Pada musim ini, Maguire tercatat membuat 37 penampilan di semua kompetisi untuk Manchester United. Meski kerap dihujat, dia masih mampu menyumbang dua gol.

4 dari 5 halaman

Bagaimana Musim Depan?

Erik Ten Hag berpose di Old Trafford (c) MUFC Official

Manchester United sudah memutuskan untuk melakukan pergantian pelatih. Mereka akan memulai era baru bersama Erik Ten Hag pada musim depan.

Erik Ten Hag punya kinerja yang bagus selama menangani Ajax Amstedam. Pria asal Belanda tersebut berhasil memenangkan tiga gelar Eredivisie dan sejumlah trofi lainnya.

Melihat rekam jejak Ten Hag sejauh ini, Manchester United boleh berharap punya musim yang cerah pada musim depan. Akan tetapi, Ten Hag juga perlu diberi waktu untuk memberikan gelar ke Old Trafford.

5 dari 5 halaman

Gosip Transfer

Darwin Nunez saat membela Benfica pada laga melawan Liverpool pada leg kedua perempat final Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Manchester United ingin memperkuat lini serangnya pada musim panas. Salah satu pemain yang kabarnya menjadi incaran Setan Merah adalah Darwin Nunez.

Manchester United harus keluar dana cukup besar untuk mengamankan jasa Nunez. Striker Timnas Uruguay itu dilaporkan bakal dijual di angka 80 juta Euro di musim panas.

Selain Nunez, Manchester United kabarnya juga menginginkan Pau Torres. Bek Villarreal tersebut bakal diplot untuk memperkuat lini pertahanan Setan Merah.

Namun, tidak mudah untuk mendatangkan Torres ke Old Trafford. Untuk itu, Setan Merah dilaporkan sudah menyiapkan Jurrien Timber sebagai alternatif jika mereka gagal mendapatkan Torres.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR