FOLLOW US:


Bagaimana Starting XI Manchester United Bila Bruno Fernandes Tiba?

15-01-2020 16:03

 | Afdholud Dzikry

Bagaimana Starting XI Manchester United Bila Bruno Fernandes Tiba?
Bruno Fernandes © AP Photo

Bola.net - Fans Manchester United mungkin bisa mendapatkan apa yang mereka harapkan datang sejak musim panas tahun lalu. Petinggi Setan Merah dikabarkan kini tengah menyeriusi kemungkinan mendatangkan Bruno Fernandes pada Januari ini.

Manchester United sebelumnya sudah banyak dikaitkan dengan Bruno Fernandes sejak musim panas lalu. Namun ketertarikan pada gelandang internasional Portugal tersebut tak pernah terwujud menjadi kenyataan.

Akan tetapi cederanya Paul Pogba dan Scott McTominay serta kurangnya kreativitas di lini tengah membuat The Red Devils kini dipercaya akan membuat pergerakan untuk Bruno Fernandes. Meskipun masih ada keraguan mengingat pengalaman di masa lalu.

Dengan Bruno Fernandes, Manchester United akan menemukan apa yang hilang dari kreativitas tim selama ini. Dengan peran sebagai gelandang serang yang selama ini ia perankan di Sporting Lisbon, itu akan menjadi solusi bagi Ole Gunnar Solskjaer. Namun bila diperlukan, Bruno Fernandes bisa juga bermain di peran yang lebih dalam.

Dan berikut adalah beberapa formasi yang bisa dilihat di Manchester United andai mereka sukses mendatangkan Bruno Fernandes pada Januari ini.

1 dari 4

4-2-3-1

Formasi 4-2-3-1 (c) bolanet
Formasi 4-2-3-1 (c) bolanet

21 dari 25 penampilan Fernandes bersama Sporting musim ini adalah berperan sebagai gelandang serang dan itulah area di mana Manchester United kesulitan musim ini.

Jesse Lingard, Andreas Pereira, dan Juan Mata telah beberapa kali dipercaya Solskjaer menempati posisi itu. Namun tak ada satu pun dari mereka yang berhasil meyakinkan sang pelatih. Lingard tak berkontribusi langsung dalam gol di liga sejak 2018, Pereira bisa dikatakan ada satu level di bawah standar Manchester United, dan Juan Mata sudah inkonsisten.

Trio di atas hanya mengoleksi total tiga gol dan delapan assist musim ini. Sementara Fernandes, mencatat 15 gol dan 13 assist sendirian untuk Sporting.

Bolaneters bisa mengatakan bahwa level Premier League dan Primeira Liga tak sebanding. Namun tetap saja catatan itu sangatlah impresif.

2 dari 4

3-4-3

Formasi 3-4-3 (c) bolanet
Formasi 3-4-3 (c) bolanet

Membayangkan Pogba dan Fernandes berduet di jantung permainan bisa jadi sangat menggiurkan, meskipun itu terlihat sedikit kurang kokoh dari segi pertahanan.

Namun, dengan merombak pertahanan menjadi tiga bek tengah dalam formasi 3-4-3 bisa menjadi solusi dalam hal defensif. Keberadaan tiga bek akan membuat masalah di lini tengah bisa diatasi karena salah satu bek bisa menjadi pivot ketika dua gelandang maju.

Fernandes tak sering memang tampil dengan peran yang lebih ke dalam sejak musim 2017-2018 lalu. Namun ketika bersama tim nasional Portugal, peran itu justru lebih banyak ia mainkan.

3 dari 4

4-1-2-1-2

Formasi 4-1-2-1-2 (c) bolanet
Formasi 4-1-2-1-2 (c) bolanet

Formasi berlian mungkin tidak lazim dan tak sesuai dengan Manchester United. Namun dengan kehadiran Bruno Fernandes, Setan Merah mungkin memiliki puzzle terakhir agar formasi itu bisa berjalan dengan bagus.

Sistem ini merupakan sistem yang mana Pogba sangat paham berkat pengalamannya bersama Juventus. Andai memutuskan memakainya, Solskjaer akan memiliki peluang untuk mengontrol permainan dengan jauh lebih baik sejak dari lini tengah.

Bukan itu saja, dengan formasi ini juga memungkinkan Marcus Rashford dan Anthony Martial bermain bersama sebagai dua ujung tombak, di mana ini sesuatu yang tak sering terjadi sejak Rashford melakukan debut pada 2016 silam.

Kedua penyerang memang memiliki tendensi bermain melebar ketika membangun permainan dari lini tengah. Namun keberadaan Bruno Fernandes yang ditempatkan sebagai gelandang serang bisa membuat aliran bola tak melulu melebar.

4 dari 4

3-1-4-2

Formasi 3-1-4-2 (c) bolanet
Formasi 3-1-4-2 (c) bolanet

Bila pelatih Ole Gunnar Solskjaer ingin memainkan tiga gelandang terbaiknya, Paul Pogba, Scott McTominay, dan Bruno Fernandes bisa jadi formasi 3-1-4-2 merupakan jawaban.

Memainkan Scott McTominay sebagai gelandang bertahan akan membuat Pogba dan Fernandes akan fokus dalam membangun serangan. Kemampuan dan daya jelajah McTominay bisa jadi keuntungan dan senjata pertama untuk mematahkan serangan lawan.

Dua pemain depan bisa diisi duet Marcus Rashford dan Anthony Martial. Atau bila dirasa perlu, Daniel James bisa bermain sebagai second striker dengan sedikit bermain lebih ke dalam dibandingkan Rashford. Posisi yang sudah beberapa kali mampu dijalankan dengan baik oleh James.

Sumber: Manchester Evening News