FOLLOW US:


Bekuk Manchester City, Manchester United Keluarkan Sinyal Kebangkitan

08-03-2021 18:13

 | Serafin Unus Pasi

Bekuk Manchester City, Manchester United Keluarkan Sinyal Kebangkitan
Skuat Manchester United merayakan gol Bruno Fernandes ke gawang Manchester City © AP Photo

Bola.net - Manchester United sukses meraih kemenangan pada laga lanjutan Premier League 2020/2021, kontra Manchester City. Dalam Derby Manchester yang dihelat di Etihad Stadium, Minggu (07/03) malam WIB, Setan Merah menang dua gol tanpa balas melalui gol-gol Bruno Fernandes dan Luke Shaw.

Kemenangan ini memang masih belum bisa membuat United mengkudeta City. United masih menempati peringkat dua klasemen sementara dengan koleksi 54 angka dari 28 laga. Sementara, City masih bertengger di puncak klasemen dengan raihan 65 poin dari 28 pertandingan.

Bagi United, kemenangan ini bukan sekadar sukses mengalahkan rival satu kota. Kemenangan ini merupakan sebuah pembuktian kebangkitan Setan Merah, setelah sempat melempem pada beberapa sebelumnya.

Ada sejumlah catatan dalam Derby Manchester ini yang menunjukkan Setan Merah bangkit dan tampil lebih baik. Apa saja catatan-catatan tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3

Kualitas Peluang Meningkat

Pada pertandingan ini, United memang kalah dari City dalam hal jumlah peluang yang mereka ciptakan. Jika City mencetak 23 peluang pada laga tersebut, United hanya memiliki delapan kesempatan.

Namun, secara kualitas peluang, United unggul daripada rival satu kota mereka tersebut. Laman Understat mencatat bahwa dari delapan peluang tersebut, nilai expected goals (xG) Setan Merah berada di angka 2,11.

Selain peluang melalui sepakan penalti Bruno Fernandes pada menit pertama, dengan nilai xG 76, Setan Merah juga memiliki peluang-peluang bernilai xG tinggi melalui Anthony Martial.

2 dari 3

Tren Naik xG United

Pada laga kontra City, United sukses mempertahankan tren positif mereka. Setan Merah sempat berada di titik nadir dalam aspek menciptakan peluang pada pekan ke-26. Waktu itu, mereka hanya mampu menciptakan peluang dengan nilai xG 0,36.

Kemudian, pada pekan ke-27, mereka mampu meningkatkan kualitas peluang. Dalam laga tersebut, nilai xG Setan Merah naik ke angka 0,58. Namun, dalam laga tersebut, United juga masih belum bisa mencetak gol dari peluang-peluang yang mereka miliki.

Pada pekan ke-28, skuad besutan Ole Gunnar Solskjaer tersebut sukses meningkatkan xG mereka ke level 2,11. Mereka pun sukses mencetak dua gol pada laga ini.

3 dari 3

Benahi Finishing

Kendati sudah menunjukkan peningkatan dalam aspek kualitas peluang, juga meraih kemenangan pada laga kontra City, United tetap perlu berbenah. Hal yang perlu mereka benahi terutama adalah dalam penyelesaian akhir.

Dalam pertandingan ini, nilai xG United lebih tinggi ketimbang jumlah gol mereka. Hal ini berarti mereka masih belum bisa semaksimal mungkin memanfaatkan peluang yang dimiliki untuk mencetak gol.

Pada laga kontra City, United memiliki dua peluang emas lain untuk menambah pundi-pundi gol ke gawang Ederson. Dua peluang tersebut dimiliki Anthony Martial pada menit 57 dan 67. Dua peluang ini memiliki masing-masing memiliki nilai xG sebesar 0,53 dan 0,44.

Jika Martial mampu memanfaatkan peluang ini lebih baik, kemungkinan mereka menang dengan skor lebih besar tentu akan terbuka lebar.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)