Best XI Transfer Januari 2023 Premier League: Chelsea Mendominasi

Ari Prayoga | 2 Februari 2023 10:10
Best XI Transfer Januari 2023 Premier League: Chelsea Mendominasi
Enzo Fernandez memamerkan jersey Chelsea bernomor punggung 5 (c) Chelsea FC

Bola.net - Bursa transfer Januari 2023 sudah resmi ditutup. Sederet pemain bergabung dengan klub Premier League, berikut 11 nama terbaik di antaranya.

Chelsea menjadi klub yang sangat agresif dalam berburu pemain baru di musim dingin. The Blues merekrut Benoit Badiashile, meminjam Joao Felix dan juga merebut Mykhaylo Mudryk dari tangan Arsenal.

Arsenal juga berhasil mendapatkan pemain baru. The Gunners merekrut Jorginho dari Chelsea untuk meningkatkan kekuatan lini tengahnya.

Manchester United juga tidak mau kalah. Setan Merah sudah dipastikan mendapatkan Wout Weghrost untuk menggantikan Cristiano Ronaldo yang hengkang.

Liverpool tidak berhasil mendatangkan pemain baru pada hari terakhir bursa transfer musim dingin ini. Namun, The Reds sebelumnya sudah merekrut Cody Gakpo dari PSV Eindhoven.

Berikut starting XI terbaik dari pemain yang bergabung dengan tim Premier League di bursa transfer Januari 2023 selengkapnya:

1 dari 6 halaman

Kiper

Kiper

Keylor Navas. (c) AP Photo

Keylor Navas - Nottingham Forest

Awal musim ini pelatih Christophe Galtier menegaskan bahwa Gianluigi Donnarumma akan menjadi kiper utama timnya. Alhasil, Keylor Navas pun tersisih.

Jelang deadline day jendela transfer musim panas lalu, Navas yang sebelumnya masih sepi peminat tiba-tiba coba didekati oleh klub Serie A, Napoli. Sayang, Napoli akhirnya memilih untuk menyerah.

Navas pun bertahan di skuad PSG. Kini, kiper asal Kosta Rika tersebut akhirnya meninggalkan PSG untuk bergabung dengan Nottingham Forest.

2 dari 6 halaman

Bek

Bek

Duel Benoit Badiashile dan Wilfried Zaha dalam laga Premier League 2022/2023 Chelsea vs Crystal Palace, Minggu (15/1/2023) (c) AP Photo/David Cliff

Pedro Porro - Tottenham

Tottenham menggaet Pedro Porro. Bek kanan berusia 23 tahun itu direkrut dari Sporting Lisbon dengan status pinjaman dan ada opsi pembelian di akhir masa peminjaman.

Illia Zabarnyi - Bournemouth

Jelang bursa transfer ditutup, Bournemouth memboyong bek Illia Zabarnyi dari klub Ukraina, Dynamo Kyiv dengan biaya mencapai 24 juta poundsterling.

Benoit Badiashile - Chelsea

Chelsea merekrut Benoit Badiashile dari AS Monaco dengan biaya sebesar 38 juta euro atau setara Rp622 miliar.

Benoit Badiashile langsung diberi kontrak jangka panjang oleh Chelsea. Stopper 21 tahun tersebut akan berada di Stamford Bridge hingga 30 Juni 2030.

Victor Kristiansen - Leicester City

Di pos bek kiri, ada nama Victor Kristiansen yang baru direkrut Leicester City dari Copenhagen dengan biaya 17,5 juta poundsterling.

3 dari 6 halaman

Gelandang

Gelandang

Jorginho meneken kontrak di Arsenal (c) Arsenal FC

Jorginho - Arsenal

Arsenal menggaet Jorginho dari sesama klub London, Chelsea. Biaya transfer Jorginho kabarnya bernilai 10 juta poundsterling plus 2 juta poundsterling dalam bentuk biaya tambahan.

Enzo Fernandez - Chelsea

Chelsea memboyong Enzo Fernandez dari Benfica pada detik-detik terakhir jelang penutupan jendela transfer Januari 2023, sekaligus melengkapi belanja jor-joran mereka.

Chelsea merekrut Enzo Fernandez dengan biaya transfer senilai 121 juta euro. Di Chelsea, gelandang asal Argentina itu mendapat kontrak selama delapan setengah tahun.

Joao Gomes - Wolverhampton

Wolverhampton yang tengah menjalani musim sulit mencoba untuk bangkit di sisa musim dengan menggaet sejumlah pemain, salah satunya Joao Gomes yang direkrut dari Flamengo senilai 15 juta poundsterling.

4 dari 6 halaman

Penyerang

Penyerang

Mykhaylo Mudyk menjalani debutnya di laga Liverpool vs Chelsea, Sabtu (21/1/2023) (c) AP Photo/Jon Super

Joao Felix - Chelsea

Joao Felix didatangkan Chelsea dengan status pinjaman dari Atletico Madrid. Akan tetapi, The Blues harus mengeluarkan biaya sebesar 11 juta euro.

Meski harus membayar mahal, peminjaman Joao Felix berlangsung cukup singkat. Setelah 30 Juni 2023, dia harus kembali ke pangkuan Atletico Madrid.

Cody Gakpo

Cody Gakpo masih menjadi satu-satunya rekrutan Liverpool pada bursa transfer Januari 2023. The Reds membelinya dari PSV Eindhoven sebesar 42 juta euro.

Cody Gakpo sudah lima kali dimainkan oleh Liverpool di Premier League maupun Piala FA. Akan tetapi, pemain berdarah Togo itu belum mencetak gol atau assist.

Mykhaylo Mudryk - Chelsea

Mykhaylo Mudryk ditransfer oleh Chelsea dari Shakhtar Donetsk dengan biaya bernilai 89 juta poundsterling. Mudryk pun tampil cukup menjanjikan dalam laga debutnya.

5 dari 6 halaman

Best XI Transfer Januari 2023 Premier League

 (c) Bola.net (c) Bola.net

6 dari 6 halaman

Klasemen Premier League 2022/23

 (c) Bola.net (c) Bola.net

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR