FOLLOW US:


Biaya Mendepak Keluarga Glazer dari Manchester United: Rp80 Triliun!

04-05-2021 07:23

 | Yaumil Azis

Biaya Mendepak Keluarga Glazer dari Manchester United: Rp80 Triliun!
Aksi protes fans Manchester United di Old Trafford © PA via AP Photo

Bola.net - Fans Manchester United turun tangan untuk mendesak Keluarga Glazer agar segera cabut dari Old Trafford. Namun, tidak mudah untuk melihat pengusaha asal Amerika Serikat itu melepas saham mayoritas klub.

Seperti yang diketahui, fans Manchester United berkumpul dan melakukan aksi unjuk rasa di sekitaran Old Trafford. Kegiatan tersebut dilakukan beberapa jam sebelum the Red Devils bertanding melawan Liverpool dalam ajang Premier League.

Aksi unjuk rasa tersebut tidak berhenti di sekitar pekarangan Old Trafford. Mereka sampai memaksa masuk ke dalam stadion hanya untuk menyuarakan kekesalannya terhadap pemilik yang sekarang, Keluarga Glazer.

Amarah fans the Red Devils terhadap Keluarga Glazer sudah menumpuk. Mereka kesal dengan kebijakan transfer klub pada beberapa tahun terakhir dan partisipasi Manchester United di ajang European Super League kian memantik api amarah itu.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Modal Awal: 3 Miliar Pounds

Fans Manchester United berharap Keluarga Glazer segera meninggalkan Old Trafford. Namun, perlu diketahui kalau proses pergantian pemilik tidaklah mudah untuk dilakukan. Harus ada pihak lain yang membeli saham mayoritas klub dari mereka.

Pakar finansial sepak bola, Kieran Maguire, menjelaskan biaya yang harus dikeluarkan calon pembeli Manchester United untuk menggeser Keluarga Glazer. Pada mulanya, ia menyebutkan angka tiga miliar pounds (setara Rp60 Triliun).

"Pada saat ini, saham klub bernilai 2,1 miliar pounds. Siapapun yang ingin mengambil alih klub harus membayar mahal untuk membujuk Keluarga Glazer menjual," tulis Maguire di kolom khusus the Times.

":jadi secara realistisnya, tawaran tiga miliar pounds akan diperlukan sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan besar," lanjut Maguire lagi.

2 dari 2

Membengkak Jadi 4 Miliar Pounds

Modal tiga miliar pounds dirasa belum cukup. Prediksi Maguire, pihak peminjam bakalan punya klausul khusus. Dan klausul khusus itu bisa membuat biaya yang diperlukan pembeli Manchester United membengkak.

"Sebagai tambahan, pemberi pnjaman dapat meminta klausul perubahan kontrol dan menuntut pembayaran kembali dari sang pemilik baru, yang membuat harga keseluruhan menjadi sekitar empat miliar pounds," tutupnya.

Tak seperti Arsenal yang punya Daniel Ek selaku calon pembeli saham mayoritas dari tangan KSE, Manchester United jarang dikaitkan dengan kandidat pemilik baru. Keluarga Glazer sendiri dikabarkan enggan melepas MU ke pihak lain.

(The Times)