Brentford 1-3 Manchester United: Untung Ada David De Gea

Gia Yuda Pradana | 20 Januari 2022 14:41
Penjaga gawang Manchester United, David De Gea (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United sukses meraih kemenangan dalam lanjutan kompetisi Premier League 2021/2022. Menghadapi Brentford pada laga yang dihelat di Brentford Community Stadium, Kamis (20/01) dini hari WIB, Setan Merah menang dengan skor 3-1.

Tiga gol United pada laga ini dicetak Anthony Elanga, Mason Greenwood, dan Marcus Rashford. Sementara, satu gol balasan Brentford dicetak Ivan Toney.

Bagi United, kemenangan ini merupakan penebus bagi kegagalan mereka pada laga sebelumnya, kontra Aston Villa. Waktu itu, Setan Merah -yang sudah unggul dua gol- dipaksa bermain imbang 2-2 oleh skuad besutan Steven Gerrard tersebut.

Kendati kali ini mendapat kemenangan, ada sejumlah catatan ihwal aspek-aspek yang harus dibenahi Setan Merah pada laga ini. Apa saja catatan-catatan tersebut? simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

Brentford Efisien Manfaatkan Penguasaan Bola

Pelatih Brentford, Thomas Frank (c) AP Photo

Pada laga ini, United unggul penguasaan bola dibanding Brentford. Menurut laman Whoscored, Setan Merah mencatatkan penguasaan bola sebesar 56,3 persen. Sementara, Brentford hanya menguasai bola sebesar 43,7 persen.

Namun, soal efisiensi dalam memanfaatkan penguasaan bola menjadi peluang, Brentford lebih baik ketimbang United.

Tercatat, dari 43,7 persen penguasaan bola, skuad besutan Thomas Frank ini melepas 18 tembakan. Sementara, dari 56,3 persen penguasaan bola yang mereka miliki, United 'hanya' melepas 13 tembakan.

2 dari 6 halaman

Akurasi Tembakan United Lebih Buruk

Bruno Fernandes merayakan gol Mason Greenwood ke gawang Brentford, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Sudah kalah urusan jumlah tembakan, United juga harus mengakui keunggulan Brentford soal akurasi tembakan. Persentase tembakan on target Setan Merah lebih buruk ketimbang Brentford.

Dalam laga ini, delapan dari 18 tembakan Brentford mengarah ke gawang United. Persentase akurasi tembakan mereka berkisar 44,4%.

Sementara, pada laga ini, hanya lima dari 13 tembakan para penggawa United yang mengarah ke gawang Brentford. Artinya, persentase akurasi tembakan mereka berkisar 38,5%.

3 dari 6 halaman

Kualitas Peluang United Lebih Rendah

Ralf Rangnick bersama skuad Manchester United seusai laga (c) AP Photo

Tak hanya soal kuantitas dan akurasi, soal kualitas peluang pun, United harus mengakui keunggulan Brentford. Menurut catatan Understat, nilai expected goals (xG) Brentford pada laga ini mencapai 2,08. Sementara, nilai xG United pada laga ini di angka 2,06.

Nilai xG terbesar Brentford pada laga ini dimiliki Mathias Jensen pada menit 31. Nilai xG peluang tersebut sebesar 0,48 persen.

Sementara, nilai xG terbesar United pada laga ini dicatatkan Mason Greenwood pada menit 61. Nilai xG peluang Greenwood tersebut adalah 0,64.

4 dari 6 halaman

Beruntung Ada De Gea

Kiper Manchester United, David De Gea (c) AP Photo

Manchester United harus bersyukur memiliki sosok David De Gea di bawah mistar gawang mereka. Jika bukan karena kepiawaian kiper asal Spanyol tersebut, bukan tak mungkin hasil laga ini akan berbeda.

Sepanjang pertandingan, De Gea sukses mengamankan gawangnya dari tujuh tembakan penggawa Brentford.

Bukan hanya soal kuantitas, kualitas tujuh peluang ini pun tak bisa dipandang enteng. Dari data laman Understat yang diolah, nilai expected goals (xG) tujuh peluang yang diselamatkan De Gea mencapai 1,15.

Peluang dengan nilai xG terbesar yang diselamatkan De Gea pada laga tersebut adalah peluang Mathias Jensen pada menit 31. Nilai xG peluang tersebut mencapai 0,48.

5 dari 6 halaman

Nilai XG Peluang On Target United Ungguli Brentford

Selebrasi Marcus Rashford usai membobol gawang Brentford pada laga tunda pekan ke-17 Premier League musim 2021/2022 di Community Stadium (c) AP Photo

Jika ada yang harus dipertahankan dari United, itu adalah kemampuan mereka memanfaatkan peluang emas yang mereka miliki. Dilihat dari sebaran nilai xG, United mampu memanfaatkan peluang dengan kualitas tinggi mereka untuk membahayakan gawang lawan.

Dari olahan data Understat, United memiliki lima tembakan on target. Lima tembakan ini memiliki nilai xG sebesar 1,72. Hal ini menunjukkan jika para penggawa United mampu memanfaatkan peluang berkualitas tinggi yang mereka miliki.

Sementara, dari delapan tembakan on target Brentford, nilai xG yang tercatat hanya 1,27. Hal ini menunjukkan jika tak semua peluang on target mereka memiliki kualitas sebaik Setan Merah.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR