FOLLOW US:


Bukan Uang, Ashley Cole Tinggalkan Arsenal karena Sudah Tidak Yakin Bisa Menang

24-05-2020 17:00

 | Richard Andreas

Bukan Uang, Ashley Cole Tinggalkan Arsenal karena Sudah Tidak Yakin Bisa Menang
Ashley Cole © PA

Bola.net - Ashley Cole pernah menuntaskan salah satu transfer kontroversial dalam sepak bola Inggris beberapa tahun silam. Saat itu, tepatnya tahun 2006, Cole memilih meninggalkan Arsenal untuk bergabung dengan Chelsea.

Tentu transfer ini dianggap pengkhianatan. Bagaimanapun Arsenal dan Chelsea adalah rival sekota yang sering terlibat duel-duel sengit.

Terlebih, Cole meninggalkan Arsenal setelah meraih dua gelar Premier League dan tiga FA Cup. Dia pergi ke Chelsea, meraih satu lagi gelar Premier League, empat FA Cup, dan satu Liga Champions.

Kini, Cole membeberkan pengakuan sebenarnya tentang transfer tersebut. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Bukan karena Uang

Saat itu Cole langsung dipandang sebagai pemain mata duitan, sebab Chelsea baru mengusung proyek pembangunan skuad besar-besaran di bawah Roman Abramovich. Tudingan itu sulit dibantah Cole pada saat itu, baru sekarang dia bisa menjelaskannya.

"Transisi memasuki tim, lingkungan, dan pemain yang berbeda mudah bagi saya. Sebab ketika pertama kali saya mulai bermain di Arsenal, kami punya pemain-pemain inti seperti Keown, Seaman, Vieira, Henry, Adam," ungkap Cole kepada BBC Sport.

"Ketika mereka mulai pergi, saya merasa ada lubang besar pada budaya yang membawa kesuksesan itu. Saya merasa Arsenal mulai gugur, atau paling tidak ada ruang kosong yang tidak bisa dipulihkan."

2 dari 2

Memilih Chelsea

Intinya, perubahan kultur juara Arsenal itulah yang membuat Cole mengambil keputusan berani. Datang ke Chelsea memang sulit, tapi dia sudah siap dengan proses transisi dan siap jadi juara.

"Jadi transisi soal bagaimana diri saya menyesuaikan diri dengan kultur berbeda serta hasrat untuk terus menang, saya pergi ke Chelsea dan mampu melakukan itu," sambung Cole.

"Saya mungkin sedikit terlalu keras kepala pada saat itu dan saya merasa diperlakukan dengan buruk. Sejujurnya saya sedikit kekanak-kanakan, tapi saya tidak akan menyesali itu dan tidak akan mengubah situasi itu," pungkasnya.

Sumber: BBC