FOLLOW US:


Bukan Virgil van Dijk, Joe Gomez-lah Jimat di Pertahanan Liverpool

03-01-2020 09:23

 | Asad Arifin

Bukan Virgil van Dijk, Joe Gomez-lah Jimat di Pertahanan Liverpool
Joe Gomez © LFC

Bola.net - Kiprah Joe Gomez bersama Liverpool mungkin tidak mendapat banyak sorotan publik. Namun, bek berusia 22 tahun tersebut seolah menjadi jimat di lini pertahanan Liverpool pada musim 2019/2020 ini.

Joe Gomez dimainkan sejak menit awal pada laga Liverpool vs Sheffield United, Jumat (3/1/2020) dini hari WIB. Liverpool menang dengan skor 2-0 pada laga yang pekan ke-21 Premier League 2019/2020 di Anfield tersebut.

Dua gol Liverpool, masing-masing dicetak Mohamed Salah dan Sadio Mane. Gol pertama terjadi pada menit ke-4 dan gol kedua pada menit 64.

Hasil ini memperpanjang catatan Liverpool yang belum pernah kalah di Premier League sejak Januari 2019 silam. Liverpool juga mempertahankan keunggulan 13 poin dai klasemen Premier League hingga pekan ke-21 musim ini.

1 dari 2

Joe Gomez Sebagai Jimat Liverpool

Joe Gomez sebenarnya bukan pilihan utama di lini pertahanan Liverpool. Untuk posisi bek tengah, dia hanya berada di urutan ketiga setelah Joel Matip dan Dejan Lovren. Satu tempat secara permanen menjadi milik Virgil van Dijk.

Joe Gomez juga bisa bermain untuk posisi bek sayap kanan. Namun, untuk posisi ini, pemain berusia 22 tahun kalah bersaing dengan Trent Alexander-Arnold.

Meskipun bukan pilihan utama, Joe Gomez punya catatan statistik penting di Liverpool. Pemain asal Inggris ini ibarat jimat bagi pasukan Jurgen Klopp. Sebab, ketika dia bermain, Liverpool tampil solid.

Joe Gomez telah memainkan enam laga di Premier League musim ini. Hasilnya, Liverpool hanya sekali kebobolan dan lima kali cleansheet. Tanpa Joe Gomez, Liverpool hanya dua kali cleasheet di Premier League dalam 14 laga.

2 dari 2

Duet Joe Gomez dan Virgil van Dijk

Duet Joe Gomez dan Virgil van Dijk
Joe Gomez © AP Photo

Joe Gomez memberikan performa yang gemilang untuk Liverpool sejak dimainkan bersama Virgil van Dijk di posisi bek tengah. Joe Gomez mampu membuat sinergi yang bagus dengan bek asal Belanda tersebut.

Bukan hanya kuat saat bertahan, kedua pemain juga piawai dalam memainkan penguasaan bola. Kemampuan ini sangat penting melihat gaya bermain Liverpool musim ini. Keduanya punya akurasi umpan yang baik.

Pada laga melawan Sheffield contohnya, Joe Gomez melepaskan 120 umpan dan Virgil van Dijk dengan 134 umpan. Keduanya, jika digabung, melepaskan 254 umpan. Jumlah itu lebih banyak dari total umpan semua pemain Sheffield yakni 242 umpan.

Sumber: Squawka