FOLLOW US:


Bye-bye Robot! Peter Crouch Putuskan Gantung Sepatu

12-07-2019 18:28

 | Dimas Ardi Prasetya

Bye-bye Robot! Peter Crouch Putuskan Gantung Sepatu
Peter Crouch saat masih membela Liverpool © AFP

Bola.net - Mantan penyerang Liverpool Peter Crouch mengumumkan dirinya resmi gantung sepatu alias pensiun, Jumat (12/07).

Crouch memang sudah tidak muda lagi. Ia sudah berusia 38 tahun.

Pemain jangkung dengan tinggi 2.01 meter ini sudah lama malang melintang di dunia sepakbola Inggris. Ia memulai karirnya di Premier League sejak tahun 1998 silam bersama Tottenham.

Ia kemudian dilepas ke QPR pada tahun 2000. Di tahun itulah ia memulai debutnya di pentas Premier League.

Crouch kemudian membela Portsmouth, Aston Villa, Norwich City, Southampton, Liverpool, hingga Stoke City. Klub terakhir yang ia bela adalah Burnley.

Crouch juga sempat membela Timnas Inggris. Sejauh ini ia telah mengoleksi 42 caps dan mengoleksi 22 gol.

1 dari 2

Pengumuman Crouch

Crouch mengumumkan keputusannya untuk gantung sepatu itu melalui akun Twitter miliknya, @petercrouch. Ia mengaku telah mempertimbangkan keputusan itu dengan matang.

Ia juga mengaku tak pernah mengira karirnya bisa cukup sukses. Bagi Crouch, perjalanannya sejauh ini telah mampu memenuhi mimpinya sejak lama.

"Setelah banyak pertimbangan musim panas ini, saya memutuskan untuk pensiun dari sepakbola! Olahraga kita yang luar biasa ini telah memberi saya segalanya. Saya sangat berterima kasih kepada semua orang yang membantu saya sampai di sana dan membantu saya tinggal di sana begitu lama. X."

"Jika Anda mengatakan pada saya di usia 17 tahun bahwa saya akan bermain di ajang Piala Dunia, masuk ke final Liga Champions, memenangkan trofi FA CUp dan meraih 100 gol di Premier League saya akan berusaha menghindari Anda semua bagaimanapun caranya," kelakar Crouch.

"Ini benar-benar merupakan sebuah mimpi yang menjadi nyata," tutup Crouch dengan menambahkan emoticon robot di akhir cuitannya.

2 dari 2

Doa Kolega

Pengumuman ini langsung mendapat respon dari sejumlah kolega Crouch. Di antaranya Alan Shearer, mantan bomber Timnas Inggris. "Selamat pria besar, karir yang brilian dan semoga beruntung ke depannya," cuit legenda Newcastle ini.

Bek Leicester City dan juga penggawa timnas Inggris saat ini, Harry Maguire menulis: "Karir yang luar biasa. Nikmatilan masa pensiun."

Jack Butland, mantan rekan setim Crouch di Stoke City, juga ikut bereaksi. "Merupakan sebuah kehormatan untuk bermain dan berbagi ruang ganti dengan Anda pria besar @petercrouch. Semoga beruntung di level berikutnya dalam karir Anda."

Di sepanjang karirnya di Inggris, bersama tujuh klub berbeda, Crouch total mencetak 108 gol dari 468 penampilan. Ia juga merupakan pemegang rekor pencetak gol melalui sundulan di pentas Premier League.

Crouch bermain di Piala Dunia 2006 dan mencetak gol kompetitif pertamanya untuk Inggris di fase grup melawan Trinidad dan Tobago. Ia juga terpilih untuk masuk skuat The Three Lions di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Crouch juga bertanggung jawab mempopulerkan selebrasi tarian robot. Ia melakukan selebrasi itu usai mencetak gol di laga uji coba antara Timnas Inggris vs Jamaika di Old Trafford pada tahun 2006.

Bersama Liverpool, Peter Crouch pernah masuk final Liga Champions pada tahun 2007. Ia juga menjadi juara FA Cup bersama The Reds pada tahun 2006.