FOLLOW US:


Calon Bintang Chelsea 2019/20: Harapan dari 'Captain America', Christian Pulisic

07-08-2019 21:55

 | Yaumil Azis

Calon Bintang Chelsea 2019/20: Harapan dari 'Captain America', Christian Pulisic
Pemain Chelsea, Christian Pulisic. © Chelsea FC

Bola.net - Kepergian Eden Hazard jelas menjadi sebuah pukulan telak bagi raksasa Premier League, Chelsea. Namun ruang yang ditinggalkan pemain asal Belgia tersebut mungkin bisa digantikan oleh Christian Pulisic yang baru saja didatangkan dari Borussia Dortmund.

Sejak didatangkan dari Lille tahun 2012 silam, Eden Hazard tak pernah memberikan penampilan yang mengecewakan kepada penggemar the Blues. Permainannya tak pernah menunjukkan penurunan, bahkan selalu meningkat di tiap tahunnya.

Penggemar pun, mau tak mau, harus meratapi kepergiannya. Seperti yang diketahui, ia memutuskan bergabung dengan Real Madrid demi mencari tantangan baru. Padahal ia adalah pemain terbaik Chelsea di musim lalu dengan catatan 21 gol dan 17 assist.

Tapi sepertinya, kesedihan fans tidak akan lama. Chelsea mendapatkan seorang pemuda berkebangsaan Amerika Serikat yang diyakini punya potensi seperti Hazard di masa muda. Sosok tersebut bernama Christian Pulisic.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3

Langkah Awal Pulisic di Eropa

Langkah Awal Pulisic di Eropa
Christian Pulisic © AFP

Pulisic cukup beruntung. Berkat silsilah keluarganya, ia mendapatkan kewarganegaraan Kroasia yang membuatnya bisa berkiprah di Eropa sejak masih berumur belia. Tanpa itu, ia baru bisa memulai berkarir saat berusia 18 tahun.

Pulisic masuk ke akademi Dortmund kala masih menginjak usia 16 tahun. Ia tak butuh waktu lama sampai Thomas Tuchel mengajaknya bergabung dengan tim senior. Di bulan Januari 2016, Pulisic melakoni laga debutnya di Bundesliga saat Dortmund bertemu FC Ingolstadt.

Perlahan ia mulai sering ditampilkan. Salah satu pertandingan yang membuatnya mendapat perhatian publik adalah kala Dortmund bertemu Schalke di tahun yang sama. Tuchel sampai tak bisa menahan pujiannya untuk Pulisic yang masih berusia 17 tahun.

"Dia adalah pemuda yang baru menjalani tahun pertamanya di dunia sepak bola profesional," tutur Tuchel di situs resmi klub kala itu. "Dua laga pertamanya sebagai starter melawan Leverkusen dan hari ini di Schalke - bukan tugas yang mudah," sambungnya.

2 dari 3

'Captain America' Sang Pembawa Harapan

'Captain America' Sang Pembawa Harapan
Christian Pulisic tiba di markas klub barunya, Chelsea © CFC

Pulisic mulai menarik perhatian klub-klub besar Eropa lainnya setelah menjadi tumpuan Dortmund pada tiga musim berikutnya. Hingga, di bulan Januari 2019 lalu, Chelsea datang memberikan tawaran yang sulit ditolak oleh Pulisic sekaligus Dortmund.

Die Borussien berupaya sebisanya untuk mempertahankan Pulisic pada saat itu. Namun usahanya hanya mampu membuatnya bertahan selama enam bulan berikutnya. Chelsea mengunci jasa Pulisic di harga 64 juta euro dan membiarkannya bermain di Dortmund sebagai pinjaman.

Masalah lalu menimpa Chelsea beberapa bulan berikutnya. Hukuman embargo transfer yang dijatuhkan FIFA membuat mereka tak bisa beraktivitas pada musim panas ini. Lalu, kepergian Eden Hazard semakin membuat mereka semakin terpukul.

Di saat Chelsea tengah bingung, Pulisic hadir di Stamford Bridge pada akhir bulan Juni lalu. Pada bulan September nanti, ia akan berumur 21 tahun. Perlu diingat bahwa Hazard pun tiba dari Lille di usia yang sama. 'Captain America' membuat harapan fans kembali tumbuh.

3 dari 3

Disokong Pemain Berpengalaman

Disokong Pemain Berpengalaman
Christian Pulisic saat Chelsea bermain imbang melawan Borussia Monchengladbach, Sabtu (3/8/19). © CFC

Pulisic sudah menunjukkan sedikit kemampuannya di masa pramusim ini. Sang pelatih, Frank Lampard, menurunkannya sejak menit awal di empat laga terakhir agar dirinya bisa segera kompak dengan Willian dkk. Dua gol berhasil ia kantongi dari masa pramusim tersebut.

Namun, tentu saja, Chelsea tak bisa bertumpu sepenuhnya kepada Pulisic. Biar bagaimanapun, ia masih membutuhkan bantuan dari pemain-pemain berpengalaman lainnya agar bisa berkembang dan memenuhi harapan publik sebagai seorang 'Captain America'.

Di lini depan, ia tidak sendirian. Ia akan dibantu oleh sosok penting the Blues lain seperti Willian dan Pedro yang senantiasa membantu Hazard pada musim lalu. Dari dalam kotak penalti, Olivier Giroud akan mencari cara agar dirinya bisa menerima umpan Pulisic dengan mudah.

Pulisic juga bisa bahu membahu bersama pemain muda lainnya, Mason Mount, yang juga tampil menjanjikan di masa pramusim ini. Sementara di belakangnya ada Jorginho dan Mateo Kovacic yang siap mengirim bola ke arahnya.