David Moyes, Satu-satunya Manajer yang Pernah Tangani Manchester United dan West Ham

Asad Arifin | 22 Januari 2022 10:36
Pelatih West Ham, David Moyes (c) AP Photo

Bola.net - Perjumpaan antara Manchester United versus West Ham selalu membawa memori tersendiri buat David Moyes. Manajer West Ham itu pernah menjadi suksesor Sir Alex Ferguson.

Partai Manchester United kontra West Ham pada pekan ke-23 Premier League 2021/2022 akan digelar di Old Trafford. Pertandingan berlangsung pada Sabtu (22/1), mulai pukul 22.00 WIB.

Dalam sejarah Manchester United dan West Ham, David Moyes menjadi satu-satunya sosok yang pernah menangani kedua tim.

David Moyes menjadi manajer Manchester United atas pilihan Sir Alex Ferguson. Ketika itu, ia diyakini merupakan pilihan yang tepat, setelah beberapa musim membangun kembali kekuatan Everton.

Pilihan Sir Alex Ferguson terhadap David Moyes terbilang mengejutkan banyak pihak. Sebab, namanya jarang muncul sebagai favorit dalam prediksi siapa pengganti Sir Alex di Manchester United.

1 dari 3 halaman

Pilihan yang Keliru

David Moyes (c) AFP

Ternyata, pilihan Sir Alex Ferguson menyorongkan David Moyes keliru. Pasalnya, karier pelatih asal Skotlandia itu tidak bertahan sampai satu musim.

Dikontrak pada 1 Juli 2013, direksi Manchester United sudah menerbitkan surat pemecatan pada 22 April 2014. Perjalanan tim yang tersendat di Premier League dan gugur di Liga Champions membuat kesabaran habis.

Total, David Moyes memimpin pertandingan Manchester United sebanyak 51 kali di berbagai ajang. Hasilnya adalah, 27 kali menang, sembilan kali seri, dan 15 kalah.

2 dari 3 halaman

Pindah ke Spanyol

Setelah didepak Manchester United, David Moyes mendapatkan pekerjaan di La Liga Spanyol. Ia bergabung dengan Real Sociedad.

Namun, perjalanannya di Negeri Matador juga tidak mulus. Ia bekerja dari 10 November 2014 hingga 9 November 2015. Awal musim 2015/2016 yang buruk membuat David Moyes harus angkat kaki dari Real Sociedad.

Setelah itu, ia lama menganggur hingga akhirnya datang tawaran menangani Sunderland pada 2016. Masuk di pertengahan musim, kontraknya tidak diperpanjang pada akhir musim.

Sejak 2017, David Moyes dipercaya menjadi manajer West Ham sampai sekarang. Pada musim ini, perjalanan West Ham lumayan bagus, karena sementara menempati peringkat keempat klasemen Premier League.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR