FOLLOW US:


Di mana Mereka Sekarang? Starting XI Terakhir MU yang Merasakan Dinginnya Puncak Klasemen EPL

13-01-2021 17:34

 | Serafin Unus Pasi

Di mana Mereka Sekarang? Starting XI Terakhir MU yang Merasakan Dinginnya Puncak Klasemen EPL
Bendera Manchester United © AP Photo

Bola.net - Manchester United saat ini tengah berbahagia. Setelah pasukan Setan Merah sukses mengudeta posisi puncak klasemen EPL dini hari tadi.

United berhasil menduduki puncak klasemen berkat kemenangan mereka melawan Burnley. Pada laga itu, Setan Merah membekuk The Clarets dengan skor 1-0.

Keberhasilan MU kembali ke puncak ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pasukan Setan Merah. Pasalnya mereka sudah lama tidak melihat tim kesayangan mereka berada di puncak klasemen.

Banyak yang mengira bahwa ini adalah pertama kalinya dalam delapan tahun terakhir MU berada di puncak klasemen. Mereka mengira bahwa MU terakhir berada di puncak pada musim 2012/13 saat Setan Merah menjuarai gelar EPL mereka ke-20.

Namun ternyata dugaan itu tidak benar. Data mencatat bahwa terakhir kali MU berada di puncak klasemen itu terjadi di musim 2017/18. Tepatnya di pekan keempat EPL.

Pada saat itu Setan Merah terakhir kali duduk di puncak klasemen setelah pekan berikutnya mereka digusur Man City dan duduk di peringkat dua.

Nah untuk menyegarkan ingatan para fans MU, berikut kami sajikan kondisi starting XI MU yang terakhir membawa Setan Merah memuncaki klasemen EPL.

1 dari 12

Kiper: David De Gea

Kiper: David De Gea
David De Gea © AP Photo

Di posisi kiper, ada sosok David De Gea.

Hingga saat ini De Gea masih menjadi kiper nomor satu Manchester United. Kendati performanya agak menurun di dua musim terakhir.

Di musim ini, posisi De Gea mulai terancam setelah kiper muda Dean Henderson kembali ke Old Trafford.

2 dari 12

Bek Kiri: Antonio Valencia

Bek Kiri: Antonio Valencia
Antonio Valencia © AFP

Di posisi bek kiri pada saat itu ditempati oleh sang kapten, Antonio Valencia.

Valencia saat ini sudah tidak bermain di Manchester United. Ia meninggalkan United di tahun 2019 untuk kembali ke Ekuador untuk membela L.D.U Quito.

Namun baru-baru ini Valencia kembali berganti klub, di mana ia kini membela klub asal Meksiko, Queretaro.

3 dari 12

Bek Tengah: Phil Jones

Bek Tengah: Phil Jones
Phil Jones © Coral

Di posisi bek tengah pertama saat itu ada sosok Phil Jones.

Jones sejauh ini masih menjadi bagian dari Manchester United. Meski masalah cedera yang tidak ada habisnya membuat ia jarang bermain di MU.

Mantan bek Blackburn Rovers itu digosipkan akan dijual Manchester United di bursa transfer Januari 2021 ini.

4 dari 12

Bek Tengah: Eric Bailly

Bek Tengah: Eric Bailly
Eric Bailly © AFP

Di posisi bek tengah lainnya saat iut ada sosok Eric Bailly.

Sama seperti Jones, Bailly masih menjadi bagian dari skuat MU. Kendati ia juga kerap mengalami cedera dalam dua tahun terakhir.

Nasib Bailly sedikit lebih beruntung dari Jones, karena musim ini kondisinya sudah lebih stabil. Ia juga mulai menjadi starter yang rutin di lini pertahanan MU dalam satu bulan terakhir.

5 dari 12

Bek Kanan: Matteo Darmian

Bek Kanan: Matteo Darmian
Matteo Darmian © AFP

Di posisi bek kanan pada saat itu ada sosok Matteo Darmian.

Darmian kini sudah tidak bermain untuk Manchester United. Ia meninggalkan MU di tahun 2019 setelah ia tidak masuk dalam rencana Solskjaer.

Pada awalnya Darmian membela klub Serie A, Parma. Namun di musim panas kemarin ia berpindah ke salah satu raksasa Italia, Inter Milan.

6 dari 12

Gelandang Tengah: Nemanja Matic

Gelandang Tengah: Nemanja Matic
Nemanja Matic © AFP

Starting XI MU berikutnya ada sosok Nemanja Matic.

Matic sejauh ini masih menjadi bagian dari skuat United. Namun ia tidak lagi jadi starter utama setelah performa Scott McTominay dan Fred meningkat pesat sejak tahun lalu.

Namun Matic masih beberapa kali menjadi starter dan ia kerap memberikan perbedaan saat Manchester United membutuhkannya.

7 dari 12

Gelandang Tengah: Paul Pogba

Gelandang Tengah: Paul Pogba
Paul Pogba © AFP

Di posisi gelandang berikutnya ada sosok Paul Pogba.

Pogba saat ini masih berada di Manchester United. Ia bahkan menjadi pemain andalan Ole Gunnar Solskjaer dalam dua bulan terakhir.

Namun kebersamaan pemain Timnas Prancis itu dengan Setan Merah dikabarkan akan selesai di musim panas nanti, setelah agen Pogba, Mino Raiola menyebut bahwa Pogba ingin pergi dari MU.

8 dari 12

Gelandang Tengah: Ander Herrera

Gelandang Tengah: Ander Herrera
Ander Herrera © MUFC Official

Di posisi gelandang lainnya ada sosok Ander Herrera.

Pemain yang menjadi salah satu idola di kalangan fans MU itu meninggalkan Old Trafford di tahun 2019 silam. Setelah manajemen MU telat memberikan perpanjangan kontrak untuk sang pemain.

Ia kini membela raksasa Prancis, PSG. Sempat mengalami kesulitan di musim perdananya, Herrera kini menjadi starter reguler di lini tengah Les Parisien.

9 dari 12

Winger Kanan: Henrikh Mkhitaryan

Winger Kanan: Henrikh Mkhitaryan
Henrikh Mkhitaryan © AFP

Di posisi winger kanan MU pada saat itu ada sosok Henrikh Mkhitaryan.

Mkhitaryan sendiri berpindah klub tidak lama setelah laga MU vs Stoke City itu. Ia ditukarkan MU dengan pemain Arsenal, Alexis Sanchez.

Di Arsenal, karirnya cenderung menurun, sebelum ia pindah ke AS Roma. Di Roma, Mkhitaryan mulai menemukan performa terbaiknya dan jadi pemain kunci di tubuh Il Lupi.

10 dari 12

Winger Kiri: Marcus Rashford

Winger Kiri: Marcus Rashford
Marcus Rashford © AFP

Di posisi winger kiri pada saat itu ada sosok Marcus Rashford.

Rashford saat ini masih membela Manchester United. Bedanya, pada saat ini ia sudah menjadi starter reguler, padahal pada saat itu ia lebih banyak jadi pemain pengganti.

Dua musim terakhir, Rashford mulai produktif mencetak gol dan kini ia memimpin daftar pencetak gol terbanyak Setan Merah di musim 2020/21.

11 dari 12

Striker: Romelu Lukaku

Striker: Romelu Lukaku
Romelu Lukaku © mufc

Untuk posisi penyerang tengah MU saat itu dihuni oleh Romelu Lukaku.

Striker yang dibeli dari Everton dengan harga 75 juta pounds itu tidak berjodoh dengan MU. Karena pada musim panas tahun 2019, ia memutuskan pindah ke Inter Milan setelah ia tidak merasa cocok dengan skema yang diterapkan Solskjaer.

Di Inter, karir Lukaku kembali bangkit dan ia kini menjadi salah satu striker tertajam di Serie A.

12 dari 12

Manajer: Jose Mourinho

Manajer: Jose Mourinho
Jose Mourinho © mufc

Terakhir kali Manchester United merasakan dinginnya puncak klasemen EPL saat ditangani Jose Mourinho.

Mourinho pada musim itu sukses membawa MU finish di peringkat dua klasemen EPL. Ia menyebut bahwa membawa MU ke peringkat dua itu merupakan pencapaian terbaiknya dalam karirnya.

Namun di Desember 2019 ia dipecat manajemen MU akibat sejumlah hasil buruk yang didapatkan Setan Merah. Namun kurang dari satu tahun, ia kembali menangani klub EPL, yaitu Tottenham Hotspur hingga saat ini.