FOLLOW US:


Dunia Kejam, Virgil van Dijk Pantang jadi Pelatih

23-08-2019 13:39

 | Asad Arifin

Dunia Kejam, Virgil van Dijk Pantang jadi Pelatih
Duel Virgil van Dijk dan Kurt Zouma di Piala Super Eropa 2019. © AP Photo

Bola.net - Bek tengah Liverpool, Virgil van Dijk memastikan tidak akan menjadi pelatih setelah pensiun sebagai pemain sepak bola. Pria asal Belanda mungkin juga tidak akan menjadi pandit.

Beberapa pemain dengan reputasi bagus memilih menjadi pelatih pasca pensiun. Contoh yang sukses adalah Pep Guardiola. Selain itu, ada juga Zinedine Zidane, Antonio Conte, dan tentu saja Frank Lampard.

Pengetahuan yang luas tentang taktik dan pengalaman menjadi modal awal seorang pemain yang terjun ke dunia kepelatihan. Mereka hanya perlu melakukan pendalaman dan mengambil lisensi resmi sebagai pelatih.

Tetapi, kisah sukses Guardiola, Zidane dan lainnya tidak membuat Virgil van Dijk tergiur. Dia mengaku tidak tertarik menjadi pelatih. Apa alasannya? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2

Virgil van Dijk Enggan Menjadi Pelatih

Virgil van Dijk saat ini masih berusia 28 tahun. Masih jauh untuk masa pensiun. Mantan bek Southampton tersebut bahkan kini sedang berada di puncak karir. Performa Virgil van Dijk sedang bagus-bagusnya.

Di masa lalu, Virgil van Dijk mengaku sempat mempertimbangkan menjadi pelatih jika kelak pensiun. Tetapi, keinginan itu kini telah sirna. Dia merasa itu bukan tugas yang mudah.

"Pada masa awal karir saya, saya berpikir bahwa mungkin saya bisa menjadi manajer tetapi pada titik ini saya rasa saya tidak akan menjadi seorang manajer," kata Virgil van Dijk dikutip dari Optus Sport.

"Dunia bisa menjadi sangat kejam, ada begitu banyak orang yang punya opini dan mungkin itu akan mempengaruhi Anda, jika Anda mendapatkan pilihan lebih baik untuk tidak berada pada situasi itu," sambungnya.

2 dari 2

Bagaimana Kalau Menjadi Padit?

Selain menjadi pelatih, pekerjaan menjadi pandit kini juga banyak dipilih oleh pensiunan pemain sepak bola. Garry Neville, Jamie Carragher, Graeme Souness hingga Alan Shearer adalah contoh pensiunan pemain sepak bola yang menjadi analis di media.

"Saya rasa saya masih akan terlibat dalam sepak bola. Saya tak ingin menjadi pandit karena Anda harus bicara apa yang mungkin tidak ingin Anda katakan, tetapi harus [mengatakannya]," kata Virgil van Dijk.

"Kita lihat nanti, saya punya mata yang bagus untuk menemukan bakat jadi mungkin saya akan melakukannya," sambungnya.

Selain itu, sebenarnya masih ada satu peran yang bisa ditekuni oleh Virgil van Dijk yakin masuk dalam manajemen klub. Petr Cech, Leonardo, Paolo Maldini, Pavel Nedved dalah contohnya.

Sumber: Optus Sport