FOLLOW US:


Efek Minamino: Liverpool Saingi Popularitas Real Madrid dan Barcelona di Jepang

11-01-2020 17:56

 | Gia Yuda Pradana

Efek Minamino: Liverpool Saingi Popularitas Real Madrid dan Barcelona di Jepang
Takumi Minamino © Liverpoolfc.com

Bola.net - Hingga kini, Real Madrid dan Barcelona adalah dua klub Eropa paling populer di Jepang. Namun, sekarang mulai ada klub ketiga. Klub tersebut adalah Liverpool, yang baru merekrut Takumi Minamino untuk mendongkrak kekuatan mereka.

Minamino, 24, digaet Liverpool dari Red Bull Salzburg. Gelandang serang/winger Jepang itu pun telah melakoni debutnya dengan seragam The Reds, ketika melawan Everton di FA Cup pada 5 Januari 2020.

Minamino menjadi pemain Asia pertama untuk tampil di laga kompetitif untuk Liverpool.

Minamino adalah salah satu talenta muda top yang dimiliki Jepang. Dua punya kemampuan yang dibutuhkan Liverpool. "Super, luar biasa. Benar-benar pemain yang kami inginkan, pemain yang kami butuhkan," kata sang manajer Jurgen Klopp beberapa waktu lalu.

Keberadaan Minamino tak cuma menguntungkan Liverpool di atas lapangan, tapi juga di luar lapangan.

1 dari 1

Dampak Global

Dampak Global
Takumi Minamino © AP Photo

Empat tahun di Salzburg, Minamino mencetak 63 gol dalam 192 penampilan. Ketika Liverpool mengaktifkan klausul pelepasannya yang senilai £7,25 juta, perhatian tercurah kepadanya, terutama dari Jepang.

"Pasti, ini akan mendongkrak popularitas Liverpool di sini, di Jepang," kata Yumiko Tamaru, sekretastis Official Liverpool Supporters Club di Jepang, seperti dilansir BBC Sport.

"Real Madrid dan Barcelona sudah menjadi klub-klub Eropa paling populer di Jepang. Namun, jika Minamino bersinar di Liverpool, saya rasa Liverpool akan jadi sepopuler raksasa-raksasa Spanyol itu."

"Banyak penggemar sepak bola yang sudah mulai menghubungi kami, bertanya tentang cara mendapatkan tiket- tiket pertandingan Liverpool. Saya rasa Anda akan melihat lebih banyak orang Jepang di Anfield setelah Januari."

Sumber: BBC Sport

Menurut Bolaneters, bisakah Minamino bersinar bersama Liverpool? Suarakan pendapat kalian lewat kolom komentar di bawah ini.