Eks Bek Chelsea: Trent Alexander-Arnold Jelek Banget Kalau Bertahan

Abdi Rafi Akmal | 9 Agustus 2022 00:14
Trent Alexander-Arnold (kiri) berebut bola dengan Sergi Canos di laga Liverpool vs Brentford di Anfield, Minggu (16/01/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Komentar-komentar miring mulai mencuat setelah laga perdana Liverpool di Liga Inggris 2022/2023. Hasil seri 2-2 menghadapi Fulham, sebagai tim promosi dianggap tidak layak bagi tim yang kembali difavoritkan juara.

Liverpool kebobolan dua kali lewat sumbangsih Aleksandar Mitrovic. Salah satu gol itu terjadi lantaran pengawalan kurang cermat Trent Alexander-Arnold.

Eks pemain Chelsea Frank Lebouef berpendapat bahwa Alexander-Arnold memeragakan teknik bertahan yang salah, sehingga mudah ditaklukkan oleh Mitrovic.

Walaupun, pria berusia 54 tahun itu tetap memuji bagaimana Alexander-Arnold berkontribusi banyak dalam aspek serangan.

1 dari 3 halaman

Jelek Banget

Penyerang Arsenal, Gabriel Martinelli, dibayang-bayangi oleh bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold, dalam laga tunda pekan ke-27 Premier League hari Kamis (17/3/2022). (c) AP Photo

Lebouef kepada ESPN mengatakan bahwa Arnold hanya menguasai satu kemampuan sebagai bek sayap, yaitu menyerang. Padahal kemampuan bertahan patut dimiliki seorang bek juga.

"Saya pikir kita harus membuat pernyataan. Trent Alexander-Arnold fantastis ketika memiliki bola," katanya.

"Dan dia sangat buruk ketika ketika harus bertahan. Begitulah apa adanya, tidak bermaksud menyinggung siapapun".

2 dari 3 halaman

Yang Harus Dilakukan

Jeffrey Schlupp (kiri) ditempet ketat Trent Alexander-Arnold di laga Crystal Palace vs Liverpool di pekan ke-23 EPL 2021-22 di Selhurst Park, Minggu (23/01/2022) malam WIB. (c) PA via AP Photo

Lebouef yang lima tahun membela Chelsea dari tahun 1996 - 2001 menjelaskan teknik bertahan yang harus dilakukan Alexander-Arnold ketika menghadapi situasi seperti itu.

"Kalau dilihat lagi, sebetulnya momen itu cukup mudah. Dia cukup membuat Mitrovic berhenti sesaat untuk men-delay larinya, maka Mitrovic tidak akan menjangkau bola itu," jelasnya.

"Dia tahu kalau Mitrovic berada di belakangnya. Tapi badannya malah ditaruh ke bawah dan membuat Mitrovic mudah melakukan sundulan".

3 dari 3 halaman

Tidak Masuk Akal

Trent Alexander-Arnold meluncurkan tekel pada Christian Pulisic, Chelsea vs Liverpool, final Piala FA 2021.22 (c) AP Photo

Bagi Lebouef, hal yang dilakukan Alexander-Arnold terasa tidak masuk akal bagi bek sayap di level kelas dunia.

"Itu sangat gila. Bagi saya itu tidak masuk akal. Mungkin dia sendiri yang tahu dan bisa menjelaskan apa yang ingin dilakukannya saat itu," tutup dia.

Sumber: ESPN

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR