FOLLOW US:


Gary Neville Ungkap Saat Ronaldo Menjadi Pemain Kelas Dunia

09-08-2017 15:45

 | Gary Neville

Gary Neville Ungkap Saat Ronaldo Menjadi Pemain Kelas Dunia
Gary Neville dan Cristiano Ronaldo saat di MU. © Mirror

Bola.net - Mantan bintang Manchester United, Gary Neville bernostalgia dengan mengingat saat-saat di mana Cristiano Ronaldo berubah dari seorang pemain muda yang kurus, menjadi seorang pemain kelas dunia.

Ronaldo didatangkan Manchester United dari Sporting Lisbon pada 2003. Tak sedikit yang meragukan keputusan dari Sir Alex Ferguson saat itu, namun seiring waktu berjalan, Ronaldo mampu menjadikan dirinya bintang di Old Trafford sebelum pindah ke Real Madrid pada 2009 sebagai pemain termahal di dunia saat itu.

Dan Neville, yang sering bermain di belakang Ronaldo di sayap kanan ketika waktunya di United, mengaku tak benar-benar yakin dia melihat potensi dari Ronaldo sebelum beberapa kejadian terjadi.

"Pada tahun-tahun awal di United, saya tak berpikir dia akan mencapai level tinggi seperti yang dia miliki," ungkapnya kepada Sky Sports.

"Tapi setelah 2005-2006, tubuhnya benar-benar berubah dari yang sangat kurus kering menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda, begitu pula dengan golnya, pengambilan keputusannya dan kedewasaannya," sambungnya.

"Begitu anda melihatnya bermain di level itu, maka anda berpikir: 'wow'" tambahnya.

Manchester United memenangkan tiga gelar Premier League beruntun selama periode tersebut dan juga mengklaim trofi Liga Champions 2008, di mana sundulan Ronaldo membuka skor sebelum mengalahkan Chelsea lewat adu penalti.

"Periode 2006 sampai 2008 sungguh tak bisa dipercaya. Kembali dari Piala Dunia 2006 adalah saat saya mengingatnya benar-benar berubah," imbuhnya.

"Jelas ada kejadian besar dengan Wayne Rooney, jadi dia datang sebagai seseorang yang dibenci secara nasional dan memiliki reputasi buruk dengan media."

Neville percaya bahwa duel antara Inggris dan Portugal di perempat final Piala Dunia 2006, di mana Rooney diusir wasit karena menginjak Ricardo Carvalho setelah ada 'pengaruh' Ronaldo, telah membantunya tumbuh sebagai seorang pemain yang dewasa.

"Dia sepertinya sudah dewasa dalam semalam dan tubuhnya benar-benar berubah," tambahnya.

"Pada saat itulah saya merasakan perubahan besar itu. Ini bukan momen tertentu yang terjadi dalam pertandingan," tandasnya.(sky/dzi)