FOLLOW US:


Guardiola Sadar Kualitas Antar Tim di EPL Tak Lebar

26-12-2016 16:59

 | Josep Guardiola

Guardiola Sadar Kualitas Antar Tim di EPL Tak Lebar
Josep Guardiola © AFP

Bola.net - Manajer Manchester City, Josep Guardiola, menyadari bahwa kualitas antara tim-tim di Premier League, baik yang kecil maupun besar, tak terlalu lebar.

Sebelum berkarir di Inggris, Guardiola menangani Barcelona dan Bayern Munchen. Di liganya masing-masing, dua klub itu sangatlah dominan. Di La Liga hanya Real Madrid yang bisa menandingi mereka. Sementara di Bundesliga, hanya Borussia Dortmund yang sesekali bisa menganggu dominasi Bayern.

Kini, ia sudah hampir setengah musim berkarir di Inggris bersama City. Ia pun sudah menyadari bahwa tiap-tiap laga di liga tersebut sangat sulit.

Dari 17 laga, City memang menang 11 kali. Namun mereka sudah kalah tiga kali dan juga seri tiga kali pula.Kekalahan itu dialami lawan Tottenham, Chelsea dan Leicester City. Sementara mereka ditahan imbang oleh Everton, Southampton dan Middlesbrough.

Namun Guardiola cukup paham bagaimana cara membuat timnya bisa mengatasi ketatnya persaingan di EPL. Ia menyebut lini per lini timnya harus sangat solid, utamanya di tengah dan belakang.

"Penting bagi kami agar menjadi solid di tengah dan di belakang. Melawan Watford dan Arsenal kami kebobolan sedikit peluang, bukan hanya karena empat defender kami tapi pressing kami lebih tinggi. Kami mengendalikan permainan itu dengan serangan balik, ketika kami harus menggunakannya, dan retensi kami dari bola," tutur pria asal Spanyol ini pada ITV.

"Itu sebabnya kami kebobolan beberapa peluang tapi setiap pertandingan berbeda. Apa pun bisa terjadi dalam setiap pertandingan. Apa yang saya pelajari di waktu singkat saya di sini adalah bahwa kesenjangan antara to tim pertama dan 10 tim terakhir (di klasemen) tidak terlalu lebar," terang Guardiola.

"Itulah sebabnya mengapa sulit untuk menang. Saya tidak mengharapkan bahwa pertandingan, apakah itu tandang atau kandang, akan lebih mudah daripada yang lain," tegasnya.