FOLLOW US:


Guardiola Sudah Melewati Level Johan Cruyff

03-04-2018 17:30

 | Josep Guardiola

Guardiola Sudah Melewati Level Johan Cruyff
Pep Guardiola dan Antonio Conte © mci

Bola.net - Sudah bukan rahasia lagi bahwa salah satu ahli taktik sepak bola terbaik di dunia saat ini, Pep Guardiola menyerap banyak ilmu dari Johan Cruyff. Kejeniusan Guardiola sekarang saat meramu taktik juga dipercaya berasal dari seluruh pelajarannya bersama Cruyff.

Berbicara soal Cruyff, hal pertama yang mencuat di kepala adalah Total Football, yakni gaya bermain yang melibatkan tim secara keseluruhan baik saat menyerang maupun bertahan.

Kendati banyak belajar dari Cruyff, Guardiola justru mengembangkan taktiknya sendiri didasarkan pada pondasi gaya sepak bola Cruyff. Hal ini ditegaskan langsung oleh Ronald Koeman, yang juga belajar bersama Guardiola pada masa tersebut.

"Ide-ide dia (Guardiola, Red) jelas datang dari filosofi Cruyff di Barcelona. Kami berdua bermain di bawah bimbingan Cruyff dan kami memahami betapa menakjubkannya itu," jelas Koeman dikutip dari tribalfootball.

"Guardiola telah menyerap ide Cruyff dan mengembangkannya lebih ekstrem. Taktik dia dimulai dari penjaga gawang yang membangun serangan dan bek kiri-kanan menjadi penyerang di sisi sayap."

Koeman bahkan tak segan menyebut bahwa taktik Guardiola adalah yang paling sulit dari berbagai jenis taktik sepak bola.

"Dia selalu memiliki pemain di sisi dalam dan luar, dan di seluruh lapangan dia akan membuat situasi pemain untuk berkombinasi."

"Sepak bola yang diinginkan Guardiola untuk timnya adalah yang paling sulit di level tertinggi. Itu fantastis untuk ditonton dan saya tidak bisa cukup menggambarkan bahwa kita semua harusnya menikmati itu," pungkasnya.