FOLLOW US:


Gundogan Bicara Persamaan antara Guardiola dan Klopp

22-03-2017 23:50

 | Ilkay Gundogan

Gundogan Bicara Persamaan antara Guardiola dan Klopp
Ilkay Gundogan © Bongarts

Bola.net - Ilkay Gundogan mengungkapkan antara Josep Guardiola dan Jurgen Klopp memiliki banyak kesamaan. Salah satu kesamaan tersebut yaitu kemampuan kedua pelatih dalam menjalin hubungan dekat dengan pemain.

Gundogan pernah ada dalam asuhan Klopp-- yang saat ini melatih Liverpool-- ketika di Borussia Dortmund. Pada musim panas kemarin, Gundogan pindah ke Manchester City dan bertemu dengan Guardiola.

Rivalitas antara Guardiola dan Klopp sudah terjadi ketika keduanya berkarier di Bundesliga. Saat itu, Klopp melatih Dortmund sementara Guardiola di Bayern Munchen.

Rivalitas antara kedua pelatih berlanjut di Premier League musim ini. Dalam pertemuan terakhir antar kedua kubu akhir pekan lalu di Etihad Stadium, pertandingan berakhir dengan skor imbang 1-1.

Josep Guardiola dan Jurgen Klopp

Membicarakan kualitas antara dua pelatih, Gundogan yang pernah bekerja sama dengan Klopp dan Guardiola, mengatakan kedua pelatih tersebut memiliki banyak kesamaan.

"Saya melihat banyak persamaan antara dua pelatih [Guardiola dan Klopp]. Keduanya punya kemampuan menjalin pertemanan dengan pemain, dengan cara mereka bicara dengan pemain. Mereka berdua punya simpati," ungkap Gundogan pada ESPN.

"Tapi mereka tahu kapan bersikap serius. Untuk pemain, kemampuan seperti itu sebagai faktor penting. Tentu saja kami melakukan apa yang kami suka."

"Kami ingin menikmati bersama, kami ingin bersenang-senang, tapi kami juga harus serius dan sulit menemukan keseimbangan yang tepat. Keduanya punya kemampuan itu," sambungnya.

Karier Gundogan sendiri di Manchester City masih belum sesuai harapan. Sejak awal musim ini, pemain 26 tahun tersebut baru bermain sebanyak 16 kali di semua kompetisi. Ia diperkirakan akan absen hingga akhir musim ini karena mengalami cedera ligamen.