FOLLOW US:


Hadapi Liverpool, Ini Formasi yang Harus Dimainkan Arsenal

23-08-2019 00:29

 | Dimas Ardi Prasetya

Hadapi Liverpool, Ini Formasi yang Harus Dimainkan Arsenal
Arsenal © AP Photo

Bola.net - Eks penyerang Arsenal Charlie Nicholas mengatakan Unai Emery harus memainkan formasi 4-2-3-1 saat jumpa Liverpool agar mereka kuat dalam bertahan dan mematikan saat serangan balik.

Arsenal harus menjalani laga berat pada matchday ketiga Premier League musim 2019-20 ini. Emery harus membawa anak-anak asuhnya bertandang ke markas Roberto Firmino dkk.

Laga di Anfield ini memiliki sisi traumatis bagi The Gunners. Sebab dalam pertemuan terakhir keduanya musim lalu, Arsenal dibantai dengan skor 5-1.

Jelang pertandingan itu, Nicholas kemudian mencoba memberikan sedikit saran pada Emery terkait taktik yang harus digunakannya di laga itu. Dikatakannya, manajer asal Spanyol itu harus memakai formasi yang bisa membuat tim memiliki pertahanan berlapis.

Namun di sisi lain, harus ada pemain di lini serang yang cukup. Sebab dengan demikian mereka tetap bisa mengancam pertahanan Liverpool.

1 dari 2

Jangan Xhaka

Akan tetapi, Nicholas berharap saat memakai formasi itu, Emery jangan sampai memainkan Granit Xhaka di lini tengah. Ia tak menganggap pemain asal Swiss itu cukup bagus dalam bertahan.

"Saya pikir Arsenal harus memainkan empat defender dengan dua pelindung di depan. Saya tidak ingin Granit Xhaka di tim, saya lebih suka Lucas Torreira dan Matteo Guendouzi," ujarnya pada Sky Sports.

"Mereka akan memberikan energi dan kualitas pada pertahanan Arsenal. Kemudian saya ingin Alexandre Lacazette bermain sebagai penyerang tengah dan Pierre-Emerick Aubameyang dan Nicolas Pepe untuk memberikan kecepatan saat menyerang balik dan membuat segalanya terjadi, dengan Dani Ceballos tepat di belakang mereka," tuturnya.

"Saya memiliki susunan pemain yang memberikan Arsenal enam pemain bertahan dan kemudian empat pemain di depan yang dapat menyebabkan masalah pada Liverpool saat serangan balik," sambung Nicholas.

2 dari 2

Taktik Negatif

Nicholas kemudian memprediksi bahwa Emery mungkin akan bermain dengan berhati-hati saat jumpa Liverpool. Namun menurutnya hal itu justru tak akan bisa berhasil.

Ia memintanya untuk bermain menyerang di laga itu. Selain itu, Emery juga dimintanya untuk menjadikan Ceballos sebagai starter berkat performanya yang menawan saat jumpa Burnley.

"Saya pikir Unai Emery akan sedikit lebih berhati-hati dan memainkan Aubameyang dengan Lacazette di bangku cadangan, mungkin bersama dengan Ceballos. Jika ia melakukan itu maka Liverpool akan menang," ujarnya.

"Arsenal harus mencari cara untuk mendapatkan gol pertama dan mencoba untuk menyakiti Liverpool dan membuat mereka bertahan. Namun, saya merasa Emery mungkin akan bermain sedikit lebih negatif," cetusnya.

"Ceballos sangat rapi dan rapi. Melawan Burnley, ia tampak lebih tajam daripada yang ia tampilkan di laga perdana dan itu merupakan pertanda yang menjanjikan. Ia terlihat seperti pemain yang bagus untuk Arsenal dan saya akan menjadikannya starter," seru Nicholas.

(Sky Sports)