FOLLOW US:


Hari Ini, 33 Tahun yang Lalu, Alex Ferguson Membangun Dinasti Kesuksesan di Old Trafford

06-11-2019 21:19

 | Serafin Unus Pasi

Hari Ini, 33 Tahun yang Lalu, Alex Ferguson Membangun Dinasti Kesuksesan di Old Trafford
Sir Alex Ferguson © Ist

Bola.net - Tanggal 6 November merupakan tanggal yang sangat bersejarah untuk Manchester United. Hari ini, tepat 33 tahun yang lalu, mereka resmi memperkenalkan Alex Ferguson sebagai manajer mereka.

Pelatih bernama Alexander Chapman Ferguson itu dikenal sebagai manajer legendaris Manchester United. Ia juga menjadi manajer terlama yang pernah menangani Manchester United.

Sebelum menangani United, Fergie dikenal menangani klub asal Skotlandia, Aberdeen. Ia membuat klub itu memangnkan tiga gelar juara Liga Skotlandia, empat Piala Skotlandia dan satu Piala Winner.

Pada tanggal 6 November ia resmi diperkenalkan kepada publik sebagai pengganto Rpm Atkinson. Pelatih asal Inggris itu resmi dipecat setelah United berada di ambang degradasi.

Simak Catatan menarik mengenai karir Sir Alex Ferguson di United di bawah ini.

1 dari 3

Nyaris Dipecat

Nyaris Dipecat
Sir Alex Ferguson saat berada di Camp Nou. © AP Photo

Meski dikenal sebagai manajer terbaik yang dimiliki Manchester United, pelatih asal Skotlandia itu nyaris mendapatkan pemecatan.

Di musim perdananya, ia berhasil membuat United finish di peringkat 11 setelah nyaris terdegradasi. Di tahun keduanya, ia melesatkan performa United dan finish sebagai runner up Liga Inggris, namun di musim ketiganya, ia kembali membuat MU finish di peringkat 11.

Di musim 1989/1990, Fergie sempat nyaris dipecat oleh Manajemen Manchester United. Namun keberhasilannya memenangkan FA Cup melawan Crystal Palace membuat pekerjaannya di Old Trafford terselamatkan.

Ia butuh tiga tahun berikutnya untuk memenangkan trofi Liga Inggris pertamanya bersama United. Ia juga resmi mengakhiri 26 tahun puasa gelar Liga Manchester United pada saat itu.

2 dari 3

Manajer Tersukses

Manajer Tersukses
Sir Alex Ferguson © AFP

Fergie sendiri menghabiskan 25 tahun dalam karirnya menjadi manajer Manchester United.

Selama 25 tahun karirnya itu, ia berhasil menjadikan Manchester United sebagai klub yang disegani di Eropa. Ia berhasil membawa United melewati rival mereka, Liverpool sebagai pemenang gelar Liga Inggris terbanyak dengan raihan 20 trofi juara, di mana Fergie menyumbangkan 13 trofi di antaranya.

Pencapaian terhebat Fergie bersama United adalah dia memenangkan dua trofi Liga Champions bersama Setan Merah. Di tahun 1999, ia menjadikan Manchester United sebagai tim Inggris pertama yang berhasil memenangkan treble winners, setelah memenangkan Premier League, FA Cup dan Liga Champions.

3 dari 3

Terombang-Ambing

Terombang-Ambing
Sir Alex Ferguson © AFP

Sir Alex Ferguson resmi pensiun di musim 2012/2013, setelah ia mempersembahkan gelar EPL ke 20 untuk Setan Merah.

Sepeninggalannya, sudah ada empat manajer yang menggantikan posisinya hingga hari ini. Ada David Moyes, Ryan Giggs (Interim), Louis van Gaal, dan Jose Mourinho namun tidak ada satupun yang bisa memenangkan gelar EPL lagi untuk United.

Saat ini United ditangani mantan anak asuh Fergie, Ole Gunnar Solskjaer yang masih kesulitan untuk menemukan performa terbaik MU di musim keduanya di Old Trafford.