FOLLOW US:


Jika Arsenal Tidak Berubah, Mikel Arteta Bisa Bernasib Buruk Seperti Unai Emery

17-03-2020 11:20

 | Richard Andreas

Jika Arsenal Tidak Berubah, Mikel Arteta Bisa Bernasib Buruk Seperti Unai Emery
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta © AP Photo

Bola.net - Mikel Arteta boleh jadi mulai membuktikan diri sebagai pelatih yang tepat untuk Arsenal. Namun, jika pihak klub tidak berubah, nasib Arteta diyakini tidak akan lebih baik dari Unai Emery.

Sebelum Premier League dihentikan sementara karena pandemi virus corona pekan lalu, The Gunners sebenarnya sedang melaju apik di bawah Arteta. Mereka menempuh delapan pertandingan liga tanpa kekalahan.

Arteta sudah memperbaiki Arsenal, meski perlahan. Pertahanan mereka lebih solid, juga gaya bermain yang lebih jelas dan sesuai dengan identitas tim. Arteta terus membuktikan diri.

Kendati demikian, Arteta bisa bernasib seperti Unai Emery, dipecat lebih awal jika pihak klub tidak mau berubah. Apa maksudnya?

1 dari 2

Strategi Transfer

Arteta sudah bekerja cukup baik di Arsenal, tidak ada yang bisa membantah. Dia mengembalikan daya juang yang sempat hilang dari wajah pemain-pemain Arsenal.

Analis Premier League, Tony Adams, mengakui kinerja apik Arteta sejauh ini. Masalahnya Arteta bekerja dengan skuad warisan, bukan pemain-pemainnya sendiri.

Di sinilah pihak klub harus datang membantu. Arteta akan membutuhkan sejumlah pemain untuk membangun skuad, pihak klub harus berjuang mendapatkannya.

"Dia [Arteta] sudah bekerja sangat baik. Saa benar-benar menyukai dia dan antusiasmenya. Saya senang kondsinya baik-baik saja dan sudah pulih dari virus itu," ujar Adams kepada Sky Sports.

"10 tahun terakhir saya sudah bicara soal rekrutmen mereka dan saya kira mereka harus benar-benar bekerja keras."

2 dari 2

Rekrutmen Pemain

Bagi Adams, tidak ada gunanya mendapatkan pelatih top jika klub tidak bisa bekerja dengan baik dalam merekrut pemain. Pelatih mana pun membutuhkan pemain yang tepat untuk membangun tim, Arteta pun demikian.

"Pelatih tidak terlalu relevan. Unai Emery merupakan pelatih hebat tetapi rekrutmen tim membuatnya kesulitan," sambung Adams.

"Jika Anda bisa memperbaiki itu, barulah pelatih punya kesempatan," tandasnya.

Saat ini Arteta tengah berjuang memulihkan diri dari penyakit Covid-19. Skuad Arsenal pun tengah mengarantina diri sendiri sambil menunggu keputusan final Premier League tentang sisa musim ini.

Sumber: Sky Sports