FOLLOW US:


Jose Mourinho Hampir Gabung Liverpool pada 2004, Mengapa Bisa Gagal?

18-04-2020 14:14

 | Asad Arifin

Jose Mourinho Hampir Gabung Liverpool pada 2004, Mengapa Bisa Gagal?
Jurgen Klopp rayakan kemenangannya di hadapan Jose Mourinho. © AP Photo

Bola.net - Jose Mourinho rupanya hampir bergabung dengan Liverpool 2004 yang lalu. Sudah ada kata sepakat antara Jose Mourinho dan Liverpool, tetapi pada momen akhir kesepakatan urung terjadi.

2004 menjadi momen yang penting bagi Jose Mourinho. Sebab, dia mencapai prestasi yang luar biasa bersama FC Porto. Jose Mourinho mampu meraih gelar juara Liga Champions musim 2003/2004.

Sukses bersama Porto membuat nama Jose Mourinho mencuat. Apalagi, Liga Champions bukan satu-satunya gelar yang didapat manajer asal Portugal. Pada usia yang sangat muda, dia pun menjadi bidikan banyak klub.

Sebelum akhirnya menerima kontrak dari Chelsea, Liverpool lebih dulu menjalin kontak dengan Jose Mourinho. Bahkan, kesepakatan dan Mourinho tinggal menunggu waktu untuk terbang ke Marseyside.

1 dari 2

Keraguan Liverpool pada Jose Mourinho

Liverpool hendak mencari manajer baru untuk musim 2004/2005. The Reds punya ambisi besar dan manajer Gerard Houllier dianggap bukan sosok yang sesuai. Jose Mourinho didekati pihak Liverpool menyusul suksesnya di Porto.

Jurnalis asal Prancis, Nicolas Vilas, dalam bukunya yang berjudul 'Mourinho: Behind the Special One, from the origin to the glory' mengungkap kisah tersebut. Jorge Baidek, penasihat Mourinho, sudah membuat kesepakatan dengan Liverpool.

"Mourinho seharusnya pergi ke Liverpool. Rick Parry [saat itu kepala eksekutif] bertanggung jawab atas transfer dan kami memiliki perjanjian," kata Jorge Baide, melalui ESPN.

"Mereka meminta kami menunggu selama 15 hari karena Houllier masih menjadi manajer The Reds," imbuhnya.

Liverpool rupanya memilih jalan lain. Mereka membatalkan negosiasi dengan Jose Mourinho dan memilih Rafael Benitez sebagai manajer baru. Ketika itu, Benitez juga cukup sukses di Valencia.

2 dari 2

Manuver Jorge Mendes Bawa Mourinho ke Chelsea

Jorge Mendes kemudian bergerak cepat untuk mengamankan masa depan Jose Mourinho usai kesepakatan dengan Liverpool batal. Jorge Mendes langsung menghubungi Chelsea yang ketika itu tengah membangun era baru di bawah Roman Abramovich.

Jorge Mendes kemudian membawa Jose Mourinho ke Chelsea. Keputusan yang tepat. Sebab, di bawah kendali The Special One, Chelsea mampu menjadi pesaing utama perebutan gelar juara Premier League.

Liverpool sendiri membuat keputusan yang jitu dengan Rafael Benitez. Walau gagal juara Premier League, Rafa memberikan gelar juara Liga Champions untuk The Reds.

Sumber: The Mirror