FOLLOW US:


Juara UEFA Super Cup, Liverpool Masih di Bawah AC Milan

15-08-2019 08:32

 | Asad Arifin

Juara UEFA Super Cup, Liverpool Masih di Bawah AC Milan
Kapten Liverpool, Jordan Henderson mengangkat trofi Piala Super Eropa © AP Photo

Bola.net - Liverpool meraih gelar juara UEFA Super Cup 2019. The Reds meraih gelar keempatnya dalam sejarah. Meskipun begitu, raihan gelar Liverpool masih berada di bawah capaian AC Milan.

Gelar juara UEFA Super Cup 2019 diraih oleh Liverpool usai menang atas Chelsea. Pada laga di Vodafone Park, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB, Liverpool menang adu penalti atas Chelsea.

Kedua tim bermain imbang 1-1 pada waktu normal. Pada babak tambahan waktu, skor menjadi imbang 2-2. Saat adu penalti, Tammy Abraham menjadi satu-satunya pemain yang gagal dan Chelsea kalah dengan skor 4-5.

Sukses ini melengkapi raihan yang sudah diukir oleh Liverpool pada musim 2018/19 lalu. Pasukan Jurgen Klopp kala itu mampu menjadi juara Liga Champions, dengan mengalahkan Tottenham pada laga final.

1 dari 2

Masih di Bawah AC Milan

Dengan gelar juara pada edisi tahun 2019 ini, maka Liverpool kini tercatat sudah meraih empat gelar UEFA Super Cup. Gelar pertama diraih oleh The Reds pada tahun 1977 silam.

Tidak banyak tim yang mampu meraih empat gelar UEFA Super Cup. Jumlah ini sama dengan yang diraih oleh Real Madrid, tim dengan raihan gelar juara Liga Champions banyak.

Sementara, hanya ada dua tim yang punya raihan gelar UEFA Super Cup lebih banyak dari Liverpool. Dua tim tersebut yakni AC Milan dan Barcelona. Masing-masing telah meraih lima gelar juara UEFA Super Cup.

AC Milan sukses meraih gelar juara UEFA Super Cup pada tahun 1989, 1990, 1994, 2003 dan 2007. Pada raihan tahun 2007 silam, Milan mengalahkan Sevilla dengan skor 3-1. Saat itu, Milan masih dilatih oleh Carlo Ancelotti.

2 dari 2

Rincian Gelar Liverpool

Pada tahun 1977, Liverpool meraih gelar juara UEFA Super Cup dengan mengalahkan Hamburger SV. Ketika itu, laga masih digelar dengan sistem dua leg. Liverpool unggul agregat 7-1 atas klub asal Jerman.

Klub Jerman kembali dikalahkan oleh Liverpool pada final UEFA Super Cup edisi tahun 2001. Kali ini, Liverpool yang dilatih oleh Gerard Houllier menang dengan skor 2-3 atas Bayern Munchen pada laga di Stade Louis II, Monaco.

Pada UEFA Super Cup edisi tahun 2005, Liverpool mengalahkan CSKA Moskow. Klub asal Rusia tersebut dibekuk dengan skor 3-1. Ketika itu, Liverpool masih dilatih oleh Rafael Benítez.

Dan, pada tahun 2019, Liverpool mampu mengalahkan Chelsea lewat babak adu penalti.

Sumber: Squawka