FOLLOW US:


Jurgen Klopp Bukan Sekedar Manajer bagi Wijnaldum

14-08-2019 19:33

 | Dimas Ardi Prasetya

Jurgen Klopp Bukan Sekedar Manajer bagi Wijnaldum
Jurgen Klopp usai menukangi Liverpool melawan Wolverhampton dalam laga penutup Premier League 2018/2019, Minggu (12/5). © AP Photo

Bola.net - Gelandang Liverpool Georginio Wijnaldum menyebut Jurgen Klopp bukan sekedar manajer namun ia juga merupakan seorang teman baginya.

Klopp dikenal sebagai sosok manajer yang akrab dengan para pemain asuhannya. Hal tersebut sudah terlihat saat ia masih membesut Borussia Dortmund.

Ia kerap memeluk anak-anak asuhnya usai pertandingan. Aksinya itu masih terus berlanjut hingga ia menangani skuat Liveropol saat ini.

Dengan pendekatan seperti itu, Klopp sejauh ini berhasil membuat Dortmund dan Liverpool tampil lebih baik. Ia pun sekarang diberi label sebagai salah satu manajer terbaik di dunia.

1 dari 2

Teman yang Baik

Wijnaldum menambahkan, Klopp adalah sosok manajer yang sangat perhatian pada anak-anak asuhnya. Mereka pun bebas untuk mencurahkan segala keluh kesahnya pada manajer berusia 52 tahun tersebut.

Maka dari itu, ia menyebut Klopp bukanlah manajer yang biasa. Ia juga menyebut sang manajer bak seorang teman.

"Ketika saya memiliki masalah saya selalu bisa pergi ke manajer. Saya bisa mengirim pesan kepadanya beberapa hari sebelumnya dan bertanya apakah ia punya waktu sebentar untuk saya. Ia selalu ingin tahu tentang apa itu. 'Apakah itu sesuatu yang buruk, bagus? Apa itu?'"

"Ia selalu mencoba berempati dengan orang lain, untuk merasakan apa yang sedang mereka alami. Ia adalah pria yang sangat istimewa bagi saya," serunya.

"Saya melihatnya sebagai lebih dari seorang manajer. Ia seorang teman yang sangat baik," pujinya pada The Athletic.

2 dari 2

Palsu

Palsu
Georginio Wijnaldum merayakan golnya ke gawang Bournemouth. © AP

Klopp adalah sosok yang dikenal tak sungkan meluapkan ekspresinya di pinggir lapangan. Ia akan melompat dan berteriak ketika timnya merayakan gol.

Namun ia juga tidak akan segan untuk marah-marah. Baik pada pemainnya sendiri ketika tak bermain sesuai instruksi, atau ketika ada lawan yang bersikap kasar.

Banyak orang yang menduga Klopp hanya pura-pura saja saat melakukan semua aksinya di pinggir dan atas lapangan. Namun Wijnaldum membantah hal tersebut.

"Semua orang bertanya pada saya bagaimana dirinya sebagai pribadi. 'Apakah itu palsu apa yang ia lakukan di pinggir lapangan?' Tidak, begitulah dirinya. Bahkan dalam latihan ia tetap sama. Begitulah dirinya," tandasnya.

(The Athletic)