FOLLOW US:


Kepentingan Komersial di Tengah Saga Transfer Neymar: Barcelona Bisa Kaya Raya

11-07-2019 10:40

 | Richard Andreas

Kepentingan Komersial di Tengah Saga Transfer Neymar: Barcelona Bisa Kaya Raya
Neymar © AFP

Bola.net - Saga transfer Neymar diyakini bisa mengubah wajah sepak bola sekali lagi. Neymar disebut siap meninggalkan PSG dan memaksakan kepulangannya ke Barcelona pada bursa transfer musim panas ini.

Transfer ini jelas tidak akan mudah. Dua tahun lalu, PSG membayar 222 juta euro untuk mendapatkan Neymar dari Barcelona. PSG jelas tak mau rugi, dan hanya mau melepas Neymar untuk 300 juta euro.

Harga tersebut jelas sangat tinggi, bahkan untuk klub sebesar Barcelona. Cara lain mulai ditimbang, Blaugrana bakal menawarkan beberapa pemain sebagai bagian tawaran untuk Neymar - tentu dengan harapan PSG mau menurunkan harga jual.

Kepergian Neymar mungkin yang terbaik untuk semua pihak. PSG mengaku sudah siap melepas Neymar, hanya menunggu tawaran yang tepat. Barca pun bakal mewujudkan kembali trio Messi-Suarez-Neymar yang mematikan.

Pun demikian, analis Sky Sports, Kieran Maguire memandang saga transfer ini dengan cara berbeda. Dia mencoba menganalisis kerugian/keuntungan finansial yang didapatkan setiap pihak dari saga transfer ini.

"Neymar punya 122 juta follower di Instagram - ketika bergabung dengan PSG, dia membawa lima juta followers baru pada akun resmi klub," kata Maguire.

"PSG juga memanfaatkan ketenaran dan posisi Neymar di media sosial untuk mendapatkan kesepakatan komersial yang lebih baik, yang bakal membantu menutup biaya transfer dan gaji mereka."

Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 1

Kerugian PSG

Maguire yakin PSG bakal mengalami kerugian finansial jika ditinggal Neymar. Mungkin benar Neymar terlalu sering menciptakan kontroversi di luar lapangan, tetapi potensi Neymar diyakini masih layak dinanti.

"Jadi, kepergian Neymar merupakan kerugian finansial untuk PSG, yang kemudian bisa dimanfaatkan Barcelona jika dia pergi ke sana," sambung Maguire.

"Barcelona bakal memandangnya sebagai investasi karena dia sangat populer di seluruh dunia sebagai merek dirinya sendiri," tutupnya.