FOLLOW US:


Kok Manchester United Tidak Diberi Penalti? Begini Kata Premier League

01-03-2021 03:08

 | Yaumil Azis

Kok Manchester United Tidak Diberi Penalti? Begini Kata Premier League
Duel antara Callum Hudson-Odoi (kanan) dan Mason Greenwood (kiri) yang menjadi awal mula kontroversi saat Chelsea bertemu Manchester United di Premier League. © AP Photo

Bola.net - Kontroversi tercipta ketika Chelsea dan Manchester United saling bertatap muka di Premier League, Minggu (28/2/2021). Banyak yang beranggapan kalau the Red Devils selaku tim tamu seharusnya mendapatkan penalti.

Kejadiannya berawal dari tendangan bebas Marcus Rashford pada menit ke-13. Sepakannya menemui sasaran, namun bisa ditepis Edouard Mendy. Mason Greenwood beserta Callum Hudson-Odoi pun berduel di kotak penalti untuk merebut bola liar.

Dalam prosesnya, terlihat jelas kalau tangan Hudson-Odoi mengenai bola yang memantul. Namun wasit membutuhkan konsultasi dengan tim VAR hingga harus melihat tayangan ulang kejadian di pinggir lapangan untuk memastikan.

Wasit bernama Stuart Atwell tersebut membuat keputusan setelah melihat kejadian ulang. Ia tidak memberikan hadiah penalti dan tetap melanjutkan pertandingan seperti biasanya. Jelas, keputusan itu mengundang reaksi dari berbagai pihak.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Penjelasan Premier League

Situasi di luar lapangan, baik di media sosial maupun ruang pandit berbicara, langsung memanas. Tentu, mereka butuh penjelasan yang logis soal mengapa wasit tidak memberikan penalti kepada Manchester United.

Untuk meredakan suasana, Premier League pun merilis pernyataan seputar kejadian tersebut. Mereka meyakini kalau Hudson-Odoi tidak melakukan handsball karena tangannya tidak bergerak ke arah bola.

"VAR meminta wasit untuk melihat kembali insiden tersebut, namun dia tetap bertahan pada keputusannya di lapangan karena merasa kalau Hudson-Odoi tidak menggerakkan tangannya ke arah bola," tulis Premier League.

2 dari 2

Pengakuan Luke Shaw

Pernyataan Premier League nampak kontradiktif dengan apa yang bek Manchester United, Luke Shaw, dengar di lapangan. Pria berusia 25 tahun tersebut tahu bahwa wasit memberikan penjelasan kepada Harry Maguire kalau itu adalah penalti.

"Wasit bahkan berkata kepada H [Harry Maguire] bahwa jika dia berkata kalau itu penalti, akan ada banyak obrolan yang terjadi setelah laga. H diberi tahu kalau itu adalah penalti," ujarnya kepada Sky Sports usai pertandingan.

Terlepas dari insiden kontroversial tersebut, pertandingan kali ini berlangsung cukup sengit. Kedua tim sama-sama menghasilkan peluang berbahaya. Sayangnya, pertandingan berakhir imbang 0-0.

(Football.london)