FOLLOW US:


Komentar Arteta Indikasikan Masalah Internal Arsenal Sudah Beres!

12-09-2021 18:30

 | Richard Andreas

Komentar Arteta Indikasikan Masalah Internal Arsenal Sudah Beres!
Pemain Arsenal merayakan gol Pierre Emerick-Aubameyang ke gawang Norwich City dalam lanjutan Premier League, Sabtu (11/9/2021) malam WIB. © AP Photo

Bola.net - Arsenal akhirnya memetik kemenangan perdana di Premier League 2021/22. Sabtu (11/9/2021), The Gunners menundukkan Norwich City dengan skor tipis 1-0.

Meski hanya menang satu gol, hasil ini sangat berharga bagi Arsenal dan Mikel Arteta. Ini adalah kemenangan pertama mereka setelah tiga pertandingan, gol pertama, dan 3 poin pertama.

Hasil ini juga sedikit mengangkat beban di pundak Arteta dan para pemain. Pasalnya, setelah 3 kekalahan beruntun, suara pemecatan Arteta terus menguat dibarengi kritik terhadap para pemain.

Diduga ada beberapa faktor penyebab Arsenal kesulitan, salah satunya adalah masalah internal. Kini, ucapan Arteta mengindikasikan bahwa masalah tersebut sudah beres.

1 dari 3

Kode Arteta

Beberapa waktu lalu, muncul gosip bahwa ruang ganti Arsenal tidak lagi kondusif karena buruknya kepemimpinan Arteta. Kabarnya para pemain senior mulai memberontak.

Tidak ada kejelasan lebih lanjut soal gosip tersebut. Namun, komentar Arteta baru-baru ini mengindikasikan bahwa timnya sudah lebih solid.

"Saya harus jujur, ini mungkin 10-15 hari terbaik yang pernah saya lewati sejak bekerja di sepak bola. Bukan berarti yang termudah, tapi yang terbaik," ujar arteta di Arsenal.com.

"Anda harus menemukan tujuan, mengapa Anda melakukan apa yang sudah Anda lakukan dan mengapa Anda mengambil keputusan untuk jadi pemain atau pelatih."

2 dari 3

Bangun hubungan tim

Bangun hubungan tim
Mikel Arteta. © AP Photo

10-15 hari terakhir yang dimaksud Arteta berarti terjadi di jeda internasional kemarin. Artinya, selama jeda itu Arsenal telah melakukan perbaikan internal dengan dipimpin Arteta.

"Ini soal hubungan yang sudah kami bangun. Ini soal level kepercayaan yang dimiliki oleh setiap orang dalam klub," sambung Arteta.

"Ini soal koneksi dan reaksi para pemain secara emosional, soal setiap orang dalam tim. Mereka mencoba mendukung dan berkembang, mencoba bersikap positif."

3 dari 3

Arsenal pulih

Perbaikan internal itu jelas berdampak pada banyak hal, juga pada performa para pemain di lapangan. Meski hanya menang 1-0 atas Norwich, performa para pemain tampak lebih lepas.

"Kemenangan itu sangat menyenangkan dilihat, bagaimana sikap para pemain dalam konteks yang kami hadapi sebagai tim," tutupnya.

Sumber: Arsenal