FOLLOW US:


Lanjutan Premier League 2019/2020, Tanpa Penonton dan di Tempat Netral?

18-03-2020 13:33

 | Asad Arifin

Lanjutan Premier League 2019/2020, Tanpa Penonton dan di Tempat Netral?
Nike Tunnel Vision Merlin, Bola Resmi Premier League © Nike

Bola.net - Premier League musim 2019/2020 dipastikan digelar sampai tuntas. Namun, belum disepakati seperti apa formatnya. Ada kabar Premier League akan digelar tanpa penonton dan di tempat netral.

Seperti di liga-liga lain, lanjutan Premier League musim 2019/2020 juga ditunda sementara waktu. Penundaan ini tidak lepas dari pandemi virus corona yang kini tengah mewabah di negara-negara Eropa.

Premier League dihentikan pada pekan ke-29. Liverpool sedang berada di puncak klasemen. The Reds unggul 25 poin dari Manchester City yang berada di posisi kedua. Namun, kompetisi kemudian harus ditunda.

Bukan hanya Premier League yang ditunda, liga-liga top Eropa lainnya juga ditunda. Serie A, La Liga, Ligue 1, dan Bundesliga ditunda. Euro 2020 dan Copa America 2020 juga mundur satu tahun.

1 dari 2

Lanjutan Premier League Tanpa Pentonton?

Klub-klub peserta Premier League telah membuat keputusan untuk tetap melanjutkan kompetisi musim 2019/2020 sampai usai. Masih ada 92 laga yang harus dimainkan sampai tuntas sebelum 30 Juni 2020 mendatang.

"Masterplan mereka adalah memainkan 92 laga tersisa di balik pintu dan setiap laga digelar di tempat netral pada waktu terpisah dan disiarkan televisi," tulis jurnalis The Sun, Alan Nixon dan Charlie Wyett.

Pihak Premier League akan menunjuk beberapa stadion untuk menjadi tuan rumah. Nantinya, satu stadion akan menggelar lebih dari satu laga per hari. Sedangkan, setiap klub akan memainkan satu laga dalam tiga hari.

"Premier League punya pertandingan yang lebih banyak dibanding La Liga dan Serie A. Proposal revolusioner akan ditawarkan pada pertemuan dengan klub," tulis Alan Nixon dan Charlie Wyett.

2 dari 2

Mengapa Premier League Harus Digelar di Tempat Netral?

Opsi penutupan stadion sudah wajar terjadi di Eropa paca pandemi virus corona. Klub-klub Serie A sudah menerapkannya. Begitu juga dengan laga-laga di Liga Eropa dan Liga Champions. Lantas, mengapa Premier League ingin laga di tempat netral?

"Dengan memakai stadion dengan jumlah yang sedikit, itu akan membantu tim medis dan polisi," tulis Alan Nixon dan Charlie Wyett.

"Tempat netral juga akan membantu menghindari penggemar tuan rumah datang di pertandingan seperti yang terjadi di luar stadion pada kemenangan Paris Saint-Germain atas Borussia Dortmund di Liga Champions," tulis Alan Nixon dan Charlie Wyett.

Di sisi lain, kabar baik datang karena Premier League tetap akan disiarkan televisi. Hal ini berarti klub akan tetap mendapat pemasukan dari hak siar televisi.

Sumber: The Sun