FOLLOW US:


Lima Pelajaran Laga Man United vs West Brom: No VAR, No Penalti, No Party

22-11-2020 10:57

 | Serafin Unus Pasi

Lima Pelajaran Laga Man United vs West Brom: No VAR, No Penalti, No Party
Bruno Fernandes © AP Photo

Bola.net - Manchester United berhasil meraih kemenangan di pekan kesembilan EPL musim ini melawan West Brom. Laga ini dimenangkan Setan Merah dengan skor 1-0.

Kemenangan ini merupakan kemenangan kedua beruntun Setan Merah. Setelah sebelum jeda internasional mereka membekuk Everton dengan skor 3-1.

Kemenangan ini akan menjadi modal penting bagi United. Karena hingga akhir tahun 2020, United ditunggu 11 laga lagi, di mana per minggu MU harus bermain dua laga.

Nah untuk evaluasi dari laga pertama mereka setelah jeda internasional ini, beriku Bola.net sajikan sejumlah poin yang mungkin bisa jadi perhatian dari performa MU di laga ini.

1 dari 5

VAR, Nyawa Kedua United

Salah satu topik yang banyak jadi sorotan di laga ini adalah peran VAR yang bisa dikatakan menguntungkan United.

Setidaknya ada dua keputusan VAR yang benar-benar menjadi pembeda bagi United. Yaitu saat wasit menganulir penalti West Brom, dan saat penalti Bruno Fernandes diminta diulang.

Sebagai catatan, jika melihat apa yang terjadi, VAR mengambil keputusan yang benar. Karena saat menganulir penalti West Brom karena Bruno terlebih dahulu mengenai bola. Sementara Penalti Fernandes yang digagalkan Johnstone dikarenakan sang kiper memang melewati garis sebelum sang playmaker menendang bola.

Nah jika VAR tidak membuat dua keputusan itu, mungkin MU akan kembali gagal mendulang poin penuh di laga ini.

2 dari 5

Lini Pertahanan MU Mulai Insyaf

Meski di laga ini lini serang banyak disorot, namun kita tidak boleh kita lupakan adalah performa lini pertahanan MU yang kian membaik.

Yang terlihat paling menonjol di laga ini adalah Harry Maguire. Sang bek bisa dengan tenang mengatur para bek MU untuk meredam serangan-serangan balik dari West Brom.

Berkat pertahanan solid ini, The Baggies hanya mampu membuat dua tembakan tepat sasaran. Jadi performa lini pertahanan MU layak mendapatkan apresiasi.

3 dari 5

Martial Harus Diistirahatkan

Salah satu yang kami amati di laga ini adalah Anthony Martial nampaknya perlu diistirahatkan Solskjaer.

Pada laga ini sang striker diberi kesempatan menjadi striker utama. Namun sang striker kesulitan untuk memberikan ancaman yang nyata di laga itu.

Padahal ia mendapatkan sejumlah peluang yang matang dari beberapa umpan matang dari Fernandes. Kegagalannya untuk memanfaatkan peluang ini bukan kali pertama dan sudah agak lama terjadi.

Untuk itu Solskjaer harus berani mengistirahatkan Martial agar ia bisa fokus lagi. Sementara ia juga bisa memberikan kesempatan kepada penyerang lainnya untuk unjuk gigi.

4 dari 5

Menyesal Jual Samstone, MU?

Salah satu yang menjadi sorotan pada pertandingan ini adalah kembalinya Sam Johnstone ke Old Trafford.

Johnstone merupakan produk akademi MU. Namun ia kesulitan menembus tim utama Setan MErah sebelum akhirnya pergi secara permanen di tahun 2018.

Pada laga ini, Johnstone menjadi penyebab kenapa MU hanya bisa mencetak satu gol, dan itupun dari penalti. Ia membuat total enam penyelamatan spektakuler yang sangat berpeluang menjadi gol. Jadi apakah MU menyesal melepas Johnstone?

5 dari 5

Ganti Eksekutor Penalti

Salah satu yang perlu dipertimbangkan Solskjaer adalah untuk mengganti eksekutor penalti.

Semenjak Bruno datang, playmaker asal Portugal itu menjadi andalan sebagai eksekutor penalti. Biasanya sang playmaker tidak kesulitan menuntaskan tugasnya.

Namun pada laga ini, Fernandes gagal mengeksekusi penalti pertama. Ini sudah tiga kali sang playmaker gagal mengeksekusi penalti. Jadi mungkin Solskjaer harus mempertimbangkan memberi kesempatan itu pada penyerang MU yang lain.